Tak Berkategori  

Malam Ini Jamaah Naqsabandiyah Mulai Tarawih, Besok Puasa Ramadhan

Ilustrasi (antara foto)
Ilustrasi (antara foto)

PADANG – Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang mulai melaksanakan Salat Tarawih berjamaah malam ini, karena mereka akan mulai menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436 Hijriah beso, Selasa (16/6).

Pimpinan Jamaah Naqsabandiyah Sumbar, Mursyid Syafri Malin Mudo mengatakan, penetapan awal Ramadhan didasari penghitungan Almanak dengan Metode Hisab Munjid, yang telah digunakan sejak turun temurun.

“Metode hisab munjid dilakukan dengan cara menghitung 360 hari dari puasa tahun lalu. Tahun 2014 kita puasa hari Jumat 27 Juni, sehingga tahun ini awal puasa 16 Juni,” kata dia.

Selain hisab, untuk memperkuat penetapan Ramadhan juga dilaksanakan rukyatul hilal sebanyak tiga kali selama bulan Sya’ban.

“Kami punya tim untuk menentukan Ramadhan. Di Bulan Sya’ban, mereka bersama-sama melihat bulan, yakni pada tengah malam tanggal 8 Syaban. Kemudian di hari pada 15 Sya’ban, dan terakhir pada fajar 22 Sya’ban. Hasil itu kita cocokkan dengan hisab, jelasnya.

Dengan telah ditetapkannya 1 Ramadhan bagi jamaah Naqsabandiyah, maka malam ini ada sekitar 5 ribu jamaah Naqsabandiyah Sumbar yang tersebar di Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Solok, melaksanakan Tarawih berjamaah.(*/aci)

sumber:antara