pendidikan

Manfaat Boarding School yang Wajib Diketahui

×

Manfaat Boarding School yang Wajib Diketahui

Sebarkan artikel ini

Jika tidak mau melakukannya sendiri, tidak ada seorangpun yang akan melakukannya untuk dirinya. Orang tua yang biasanya membantu di rumah, juga tidak akan datang hanya untuk membereskan kamar misalnya. Semakin lama, anak-anak akan terbiasa mandiri dan melakukannya sendiri tanpa adanya beban.

  1. Meningkatkan Rasa Disiplin

Meningkatkan rasa disiplin pada diri siswa menjadi salah satu manfaat boarding school yang sangat bagus untuk masa depan anak. Kalau di rumah, anak mungkin sangat sulit ketika disuruh belajar dengan berbagai macam alasan. Tapi di boarding school hal seperti itu tidak bisa dilakukannya lagi.

Semua kegiatan sudah diatur dalam jadwal yang jelas, sehingga mau tidak mau siswa harus mengikutinya. Jika ada yang tidak mematuhinya, tentu saja guru atau sekolah akan memberikan sanksi.

  1. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Tinggal di asrama akan melatih siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab di dalam dirinya. Rasa tanggung jawab adalah sesuatu yang penting bagi masa depan anak-anak. Mereka akan berlatih untuk bertanggung jawab atas apa yang menjadi kewajibannya, seperti belajar, mengerjakan tugas dan sebagainya.

  1. Memupuk Kebersamaan

Para siswa yang bersekolah di boarding school, terutama boarding school unggulan, biasanya berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Mengenal teman-teman baru dari berbagai suku bangsa tentunya menjadi hal yang menarik bagi siswa. Dan yang lebih penting lagi, teman-teman baru yang berasal dari berbagai daerah tersebut dapat melatih dan memupuk kebersamaan, kerja sama serta menjadi bibit persatuan bagi siswa.

  1. Fokus Belajar

Dengan adanya jadwal kegiatan yang diterapkan oleh sekolah maka siswa dapat mengatur waktunya kapan harus belajar dan kapan waktunya untuk bersantai. Selain itu, pihak sekolah biasanya menerapkan pengawasan kepada siswa selama 24 jam jadi hal-hal yang mengganggu dapat dicegah. Pengaturan jadwal yang jelas dan pengawasan membuat belajar lebih fokus.

  1. Guru yang Kompeten

Guru-guru pengajar di sekolah boarding school pada umumnya memiliki kompetensi unggulan yang dibutuhkan siswa. Kemampuan para guru tersebut akan mengantarkan siswa pada prestasi terbaik mereka,  di bidang akademis maupun non akademis.

Itulah beberapa manfaat boarding school yang sangat menguntungkan bagi para siswa maupun orang tua. Begitu juga kalau bersekolah di boarding school SMA di Jakarta terbaik yaitu SMA Dwiwarna (boarding school). Siswa akan mendapatkan tempat belajar yang kondusif dengan fasilitas yang lengkap. Alhasil, mereka bisa meraih prestasi dengan lebih maksimal.(**)