oleh

Mantan Pemain Liga Inggris Ini Dihukum 2,5 Tahun Karena Terbukti Atur Skor

Delroy Facey (1.skysports.com)
Delroy Facey (1.skysports.com)

LONDON – Seorang mantan pemain Liga Utama Inggris dihukum dua setengah tahun penjara, karena berkonspirasi untuk menyuap sejumlah pemain pada skema pengaturan pertandingan di pertandingan liga rendah.

Delroy Facey, mantan penyerang Bolton Wanderers, West Bromwich Albion, dan Hull City, membantah dirinya ambil bagian dalam konspirasi tersebut.

Pemain 35 tahun itu berargumen dia memutuskan untuk ‘mengerjai’ seorang pengusaha yang menawarinya 15.000 pound untuk ambil bagian dalam skenario itu, namun juridi Pengadilan Birmingham memutuskan ia terlibat konspirasi dengan cara menyuap beberapa pemain.

Hakim Mary Stacey mengatakan tindakan-tindakan Facey merusak ‘hati terdalam di sepakbola. “Anda semestinya menjadi teladan, namun Anda menodai posisi itu.”

Rekan Facey yang juga menjadi terdakwa, mantan pemain non liga berusia 25 tahun Moses Swaibu, juga dihukum 16 bulan penjara.

Facey dinyatakan berkonspirasi dengan pengatur pertandingan lainnya Chann Sankaran dan Krishna Ganeshan, yang dinyatakan bersalah karena melakukan penyuapan pada persidangan sebelumnya.

Persidangan mengungkap Facey berkata kepada seorang pemain di klub non liga papan bawah, bahwa ia dapat menghasilkan ‘uang cepat’ dengan mengatur hasil pertandingan.

Ia juga disebut melakukan kontak dengan sejumlah tim di Football Conference, kompetisi semi profesional strata kelima di sepak bola Inggris, untuk bersiap ‘mengatur’ pertandingan agar dapat memperoleh imbalan.(*/aci)

sumber:antara

Loading...

Berita Terkait