Tak Berkategori  

Mantan Walikota Padang Panjang Yohanis Tamin Tutup Usia

Yohanis Tamin

PADANG PANJANG – Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kota Padang Panjang kembali kehilangan salah seorang tokohnya. H. Yohanis Tamin, Walikota Padang Panjang periode 1998-2003 meninggal dunia, Sabtu (15/8) sore di kediamannya di Padang.

Almarhum yang juga pernah menjadi anggota DPRD Kota Padang Panjang periode 2004-2009 itu meninggal dalam usia 80 tahun. Selain faktor usia, almarhum sudah lama mengidap penyakit diabetes.

“Beliau meninggal dunia di rumah. Beliau sudah lama mengidap penyakit diabetes,” kata Aswirman, pejabat Pemko Padang Panjang yang dulunya dikenal dekat dengan Yohanis Tamin.

Berdasarkan kabar yang didapatkan dari pihak keluarga, Aswirman menyebutkan bahwa almarhum akan dimakamkan pada Senin besok di kampung halamannya di Kota Sawahlunto.

“Beliau seorang datuk, makanya pemakaman beliau di kampung halamannya. Mewakili pihak keluarga, kami memohon maaf jika selama beliau hidup ada salah dan khilaf,” pinta Aswirman.

Selain walikota dan anggota DPRD di Padang Panjang, Yohanis Tamin juga pernah menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung. Dia dikenal sebagai pejabat yang bersih, jujur dan tegas.

“Bagi saya, beliau tidak sekedar seorang walikota yang pamong, melainkan juga sosok ayah. Saya belajar banyak hal dari beliau. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNYA,” ucap Buya Hamidi, Ketua DPRD Kota Padang Panjang era Yohanis Tamin. (Jas)