oleh

Marquez Terdepan di Catalunya, Rossi Gagal Finis

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tampil sebagai pemenang kala melakoni balapan MotoGP Catalunya 2019. Kemenangan yang diraih Marquez tersebut sejatinya tak lepas dari kecelakaan beruntun yang dialami sejumlah pembalap.

Sesaat awalnya, balapan sebenarnya dipimpin oleh rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, yang langsung menyodok ke posisi terdepan. Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, tak mampu memanfaatkan pole position yang diraihnya dan mulai terlempar ke jajaran belakang.

Sementara itu, Marquez yang start dari posisi kedua, tetap mampu mempertahankan tempatnya tersebut dari salipan pembalap lain. Adapun urutan ketika balapan baru dimulai adalah Dovizioso, yang kemudian diikuti oleh Marquez, lalu Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi, dengan jarak yang sangat berdekatan.

Baru dua lap balapan berlkangsung, kecelakaan pun terjadi. Marquez yang mencoba menyalip Dovizioso dari posisi luar, membuat pembalap berjuluk Desmo Dovi itu sedikit menurunkan kecepatannya agar tak terjadi kecelakaan. Sayangnya, nahas bagi Dovizioso, Lorenzo yang coba menyalip dari dalam, justru menabrak motor DesmoDovi.

Tabrakan Lorenzo tersebut kemudian membuat Vinales yang berada di dekatnya ikut terseret. Begitu pun dengan Rossi yang ikut terbawa arus kecelakaan kemudian. Hanya Marquez yang selamat dari kecelakaan tersebut dan terus berada di posisi terdepan hingga balapan terakhir.

Posisi kedua kemudian lekas diisi oleh rekan setim Dovizioso, Danilo Petrucci. Kendati begitu, Petrucci tak mampu mempertahankan posisi kedua hingga garis akhir. Beberapa lap jelang balapan berakhir, Quartararo berhasil menyalip Petrucci. (aci)

Loading...

Berita Terkait