oleh

Masyarakat Cubadak Tahlilan di Pandam Kuburan

BATUSANGKAR – Masyarakat Jorong Cubadak, Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar menggelar tradisi tahlilan dan makan bersama di pandan kuburan jelang Ramadhan 1440 Hijriah, Sabtu (4/5)

Kegiatan yang digelar di pasar ternak setempat yang berjarak sekitar 200 meter dari sejumlah pandam kuburan itu diawali dengan penyembelihan seekor kambing.

Hal ini kemudian dilanjutkan dengan gotong royong membersihkan pandam kuburan. Hampir seluruh masyarakat setempat terlibat kegiatan ini, terutama warga yang sanak saudaranya dimakamkan di sana.

Beranjak sore acara dilanjutkan dengan tahlilan dan doa bersama. Kemudian dirangkaikan dengan makan bersama setelah kaum ibu memasak kambing yang disembelih sebelumnya.

Tokoh masyarat Cubadak, Sanitas mengatakan rangkaian kegiatan itu rutin dilakukan setiap jelang Ramadhan. “Ini sudah tradisi setiap tahun. Selain mendoakan almarhum dan almarhumah yang dimakamkan di pandam di sana, juga bersiturahim sesama warga dengan saling memaafkan,” katanya.

Selain itu juga wujud semangat gotong royong warga. “Biaya membeli kambing hasil iuran warga dan nasi yang dimakan dibawa masing-masing warga. Bersama juga memasaknya. Kemudian gotong royong membersihkan kuburan dan doa bersama,” lanjutnya.

Salah seorang tokoh pemuda setempat Hendra Peni menambahkan, kegiatan itu juga untuk mendoakan kelancaran aktivitas pasar ternak di masa mendatang. “Pemuda juga ikut andil dalam kegiatan ini,” katanya. (rahmat)

Berita Terkait