Tak Berkategori  

Masyarakat Perlu Sadar Wisata Agar Wisatawan Betah

Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menggelar aksi bersih Pantai Pasir Jambak, Selasa (16/10) dalam kegiatan "Aksi Sapta Pesona dan Sadar Wisata" yang digelar Dinas Pariwisata Sumbar. (Wahyu Alhadi)
Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menggelar aksi bersih Pantai Pasir Jambak, Selasa (16/10) dalam kegiatan “Aksi Sapta Pesona dan Sadar Wisata” yang digelar Dinas Pariwisata Sumbar. (Wahyu Alhadi)

PADANG – Tak hanya Pantai Padang yang mampu menjadi daya tarik kota bingkuang, beberapa kawasan pantai lainnya juga potensial untuak diramu menjadi tujuan wisata. Seperti halnya Pantai Pasir Jambak di Koto Tangah.

Namun untuk semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Padang, tidak saja bermodal keindahan dan kenyamanan objek, tapi juga butuh aksi Sapta Pesona dan sadar wisata dari masyarakat di sekitar objek wisata.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Oni Yulfian kepada Singgalang, Selasa (16/10) pada kegiatan Aksi Sapta Pesona dan Sadar Wisata di Pantai Pasir Jambak.

“Di Padang banyak objek wisata yang bisa lebih dikembangkan. Yang penting saat ini bagaimana masyarakat setempat sadar wisata agar wisatawan pun betah dan nyaman saat berkunjung ke sana,” kata Oni.

Ia menyebutkan, dalam hal Sapta Pesona ini ada tujuh sikap kesadaran dalam mengelola pariwisata yang mesti diaplikasikan masyarakat dalam menjamu wisatawan yang datang ke objek wisata tersebut, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

“Sadar wisata ini penting. Bukan saja sadar sebagai tuan rumah, tapi sadar sebagai wisatawan jika berkunjung ke objek wisata di luar kota atau provinsi. Setidaknya bagaimana kita bersama-sama menguatkan pariwisata Indonesia,” ujarnya.(Wahyu)