Masyarakat Sumbar Jangan Takut Naik Pesawat

×

Masyarakat Sumbar Jangan Takut Naik Pesawat

Sebarkan artikel ini

Di sisi lain dia mengapresiasi langkah DPRD dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah melahirkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kenormalan Baru, meski pun saat ini perda masih dievaluasi di Kemendagri. Namun, hal itu menurutnya patut didukung, karena bisa terus mendorong agar masyarakat tetap menerapkan 3M dengan disiplin. “Ayo implementasikan 3M dengan disiplin, sehingga kita selamat, aman, nyaman dan sehat,” ajaknya.

Airlines sendiri lanjut Pembina Airlines Operators Committee (AOC) BIM, Cecep, telah menerapkan secara konsisten seluruh aturan yang ditetapkan pemerintah secara lokal hingga nasional. Aturan tak hanya berlaku bagi para penumpang, tapi juga para petugas penerbangan. Untuk penumpang, aturan diterapkan sejak proses pembelian tiket hingga penerbangan. Bahkan, beberapa pelayanan sudah dialihkan ke sistem online, sehingga interaksi langsung semakin berkurang.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat ditambahkan Station Manager Lion Air Grup Padang yang juga Ketua AOC, Ekopujianto tidak hanya di sisi darat, tapi juga disisi udara. Di pesawat misalnya, seluruh airlines sudah menggunakan HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menghilangkan hingga 99,99 persen airbone partikel di dalam kabin pesawat. Artinya, kabin pesawat sangat aman dari risiko penularan Covid-19.

Baca Juga:  OJK Klarifikasi Pungutan Biaya ATM BCA

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, M. Jalil mengakui, sudah berbagai upaya dilakukan demi meminimalisir penyebaran Covid-19. Hanya saja, memang belakangan terus meningkat. Namun, dia tetap mengapresiasi langkah Pemprov Sumbar yang terus memberikan tes swab gratis kepada para penumpang di bandara kedatangan. Hal ini tentu demi mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Di Indonesia, satu-satunya yang berikan swab test gratis hanya Sumbar,” pungkasnya.

Pelaksanaan Safety and Healthy Campaign kemarin berjalan aman dan lancar. Jajaran PT AP II BIM, bersama Otban Wilayah VI serta jajaran airlines membaur membagikan masker dan hand sanitizer kepada pengguna jasa bandara dengan tetap memberikan imbauan penerapakan 3M secara disiplin. (Yuni)