Tak Berkategori  

Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi

Literasi Digital 2021.(ist)

PASAMAN – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera.

Kali ini webinar dengan temah besar Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi itu hadir di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Sabtu 13 November 2021 bersama para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Firman, S.Pd., menjelaskan kekuatan media sosial, seperti mempengaruhi opini publik, gerakan masa, serta merubah sikap atau perilaku. Meningkatkan demokrasi di media sosial, dengan cara transparansi informasi, partisipasi, serta aspirasi.

Meningkatkan toleransi di media sosial, dengan cara literasi digital, konten positif, tidak memaksa pendapat, tidak membully, serta saling menghargai. Tips memanfaatkan media sosial, antara lain memperkaya literasi, membatasi pengunaan gawai, utamakan mengakses konten pembelajaran, budayakan baca, pahami, dan cari kebenaranya, membuka diri terhadap perbedaan, serta mengunggah hal positif dan bermanfaat.

Ir. Machroni Kusuma, MM., menjelaskan rekam jejak digital tidak dapat hilang selamanya. Bijak menggunakan media sosial, dengan cara menjaga privasi, menjaga keamanan akun, menyebarkan hal positif, menggunakan media sosial seperlunya dan sepantasnya, serta saring sebelum membagikan sesuatu di media sosial.

Sari Fitri, S.E., Sy M.E., cara memulai berbisnis melalui e-market bagi UMKM, antara lain jaringan internet, perangkat digital, serta sumber daya manusia teknologi digital. Langkah memulai digital marketing, meliputi tentukan target market dan produk, pilih produk yang memberikan solusi yang terbaik, membangun website pribadi, membangun media sosial, serta gunakan SEO, SEM, dan social media Ads.

Cara agar UMKM cakap digital ialah memaksimalkan platform yang ada senantiasa mencari tahu serta mengikuti tren masa kini.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Nelly Carey sebagai Influencer dan Vokalis yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat atau warganet harus berperan dalam meningkatkan meningkatkan demokrasi. Gunakan media sosial sebagai wadah demokrasi, dengan cara transpansi, informasi, pratisipasi, serta aspirasi.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)