oleh

Membangun Kemandirian dan Kedaulatan Pangan LDII Gelar Diskusi FGD

JAKARTA – Mendorong kemandirian dan kedaulatan pangan DPP LDII bekerja sama dengan Anggota Komisi IV DPR Mindo Sianipar. Menggelar diskusi kelompok terpumpun (FGD) Ketahanan Pangan dan Pertanian bertajuk “Potensi SDA dan SDM Indonesia Mencapai Kedaulatan Pangan”.

Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo di Jakarta, Kamis (29/8) mengatakan, persoalan pangan merupakan hal yang mendasar dan esensial berdampingan dengan energi. Pangan merupakan hal yang strategis, saat ini Indonesia menghadapi lonjakan jumlah penduduk dan menyempitnya lahan pertanian.

Hal ini perlu mencari solusi yang tepat. Pasalnya, sejak Presiden Soeharto, Indonesia tak pernah swasembada pangan lagi. Sementara setelah reformasi kedaulatan dan ketahanan pangan belum tercapai. Masalah ketahanan dan kedaulatan pangan harus dicari solusinya dari hulu hingga hilir.

Kedaulatan dan ketahanan pangan, harus melibatkan peran aktif masyarakat. Mereka dilatih diberikan teknologi dan inovasi di bidang pertanian. Disisi lainya juga diberi kebebasan dalam mengembangkan lingkungan daerahnya.

Anggota DPR Komisi IV Mindo Sianipar menjelaskan, dalam hal pangan pada jaringan lebih luas, dalam pengelolaan lahan pertanian untuk dimanfaatkan bagi seluruh golongan di Indonesia.

Beberapa kegiatan di daetah yang melibatkan LDII yang tergabung dalam kelompok tani. Melakukan berbagai program dalam mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan di Madiun, Nganjuk, dan Jombang.

Acara ini menghadirkan para akademisi dan praktisi di bidang pertanian dan pangan. Diantaranya, Prof Dr Rubiyo dengan makalah berjudul Grand Design Pengembangan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di Wilayah Perbatasan dan Dewan Pakar Pertanian LDII Arief Iswanto, dengan makalah “Membangun Kedaulatan Pangan Berbasis Organik.

Selain itu, Drs Yosep Umar Hadi Anggota Komisi V DPR dengan makalah, Kondisi Terkini Irigasi Untuk Tanaman Pangan, dan Ir Prasetyo Sunaryo, membawakan makalah Peran Pendidikan Menengah Kejuruan Pertanian Menyongsong Perkembangan Teknologi Pertanian Pangan.

Program ini merupakan upaya LDII, berkontribusi dalam pembangunan nasional di bidang pertanian. Dan LDII mengajak warga dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai lembaga lainnya, salah satunya Anggota DPR Komisi IV Mindo Sianipar.

FGD ini juga didukung sepenuhnya oleh Anggota DPR Komisi IV, untuk mewujudkan pengelola pangan pada jaringan lebih luas, dan dalam pengelolaan lahan pertanian untuk dimanfaatkan bagi seluruh golongan di Indonesia. (smn)

 

Loading...

Berita Terkait