Tak Berkategori  

Menkes : Belum Ada Resep Lengkap Atasi Pandemi Covid-19

Menkes Budi G Sadikin. (ist)

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan belum ada resep lengkap yang bisa 100 persen mengatasi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih ini. Sehingga, kebijakan pemerintah pun selalu berubah.

“Selama pandemi ini berjalan sudah 1 tahun lebih, Kementerian Kesehatan melihat bahwa tidak ada negara di dunia termasuk WHO juga ya sudah menemukan resep yang lengkap, komprehensif dan terbukti bisa 100% mengatasi pandemi,” kata Budi dalam Klarifikasi terkait Kategorisasi dalam Penilaian Situasi Provinsi secara virtual, Jumat (28/5/2021).

Budi mengatakan, semua negara dan organisasi di seluruh dunia masih terus melakukan modifikasi-modifikasi dari kebijakan-kebijakan dan intervensi untuk mencari mana yang paling pas untuk bisa mengatasi pandemi ini.

Apalagi, Covid-19 sudah bermutasi sehingga kebijakan penanganannya pun harus menyesuaikan.

“Ada kebijakan yang tadinya kita lihat baik, tapi kemudian 6 bulan kemudian dengan adanya mutasi virus yang baru, kita harus mengubah kebijakan tersebut. Itu sebabnya kajian-kajian atau review mengenai kebijakan, indikator, untuk mempersiapkan benar-benar strategi kita mengatasi pandemi ini memang selalu berubah-ubah.”

Penanganan Covid-19 di Indonesia, sambungnya, sudah baik dan benar. Namun, dia mengungkapkan masih banyak sekali yang harus diperbaiki.

“Indonesia sendiri sudah banyak melakukan hal yang positif, hal yang baik dan benar. Tapi dengan segala kerendahan hati saya juga sampaikan masih banyak sekali kesempatan kita untuk memperbaiki diri,” tuturnya.

Menurutnya, masih banyak hal-hal yang bisa ditiru dari negara dan daerah lain yang baik dan implementasinya. “Kita harus melakukan modifikasi berdasarkan kondisi sosial dan politik juga yang berbeda di masing-masing negara,” katanya. (rn/*)