Tak Berkategori  

Menristekdikti Datang, Mahasiswa Unand Demo

Aksi demo mahasiswa Unand. (rus akbar/okezone)
Aksi demo mahasiswa Unand. (rus akbar/okezone)

PADANG – Kedatangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir untuk memberikan kuliah umum di Convention Hall Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat disambut aksi tutup mulut.

Beberapa mahasiswa memasang lakban hitam di mulut mereka sebagai tanda protes. Sempat terjadi perang mulut antara mahasiswa dengan pihak keamanan kampus karena mereka tidak mengantongo izin melakukan aksi demo di lokasi tempat Menristekdikti M Nasir memberikan kuliah umum.

Aksi ini diketahui dikoordinasikan mahasiswa dari Lembaga Advokasi Masyarakat dan Pengkajian Masyarakat (LAM PK) dan BEM Fakultas Hukum Unand. Menurut koordinator lapangan, Diki Rofiqi, aksi ini memprotes komersialisasi dan liberalisasi pendidikan di perguruan tinggi.

“Pendidikan kita diperjualbelikan sehingga berdampak kepada tidak bisanya masyarakat miskin di Sumatera Barat mengakses perguruan tinggi,” katanya, Jumat (12/8).

Di antara tuntutan mahasiswa adalah menghapuskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan mengembalikan biaya kuliah semua sama rata. Para pengunjuk rasa juga mengkritik jalur mandiri yang sangat memberatkan rakyat Sumatera Barat dengan mata pencaharian petani.

“Kondisi ini sangat menyulitkan masyarakat Sumbar untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Kemudian di Permendikti mengatur 30 persen jalur mandiri Unand menerapkan 25 persen, tapi kita lihat di ring biayanya saja pembayarannya ada yang mencapai Rp12 juta,” papar Diqi.

Menristekdikti M Nasir pun mengajak mahasiswa untuk melakukan dialog tertutup. Namun, menurut salah satu mahasiswa peserta dialog, tidak ada titik temu dalam pertemuan tersebut karena terlalu singkat. Saat dialog berlangsung, mahasiswa yang masih melakukan demo di luar gedung sempat dibubarkan oleh Pembantu Rektor III Unand dengan menarik spanduk-spanduk yang dibentangkan. (aci)

okezone1