Tak Berkategori  

Mentan Syahrul Yasin Limpo Lihatkan Kalung Anti Corona

JAKARTA – Ada yang menarik dari penampilan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada hari ini. Yap, Syahrul tampak menggunakan sebuah kalung berwarna hijau bertuliskan Anti Virus Corona.

Saat dikonfirmasi, ternyata kalung anti Corona ini merupakan tanaman Atsiri (eucalyptsus) hasil pengembangan dari Balitbang Kementerian Pertanian. Rencananya, kalung anti Corona ini akan diproduksi secara masal pada Agustus mendatang.

“Ini antivirus hasil Balitbangtan, eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, 1 yang bisa mematikan Corona hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus. Dan kita yakin. Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (3/7/2020).

Menurut Syahrul, jika kalung ini dipakai selama 15 menit maka bisa membunuh 42% virus Corona. Hal ini sudah diujicoba di laboratorium.

Ini sudah dicoba. Jadi ini bisa membunuh, kalau kontak 15 menit dia bisa membunuh 42% dari Corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80%,” jelasnya.

Tak hanya kalung anti corona, Kementerian Pertanian juga memproduksi produk lainnya. Produk lain dari minyak atsiri yang dikembangkan Balitbangtan dikemas dalam bentuk roll on.
“Ini ada roll-nya. Kalau kita kena iris pisau, berdarah, kasih ini bisa tertutup lukanya,” ucap Syahrul.

Sebagai informasi, kalung tersebut dipakai oleh Syahrul ketika berkunjung ke Kementerian PUPR.

Syahrul beserta seluruh jajaran eselon I yang mendampinginya antara lain Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy, Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono, Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil, dan sebagainya terlihat mengenakan kalung antivirus tersebut.

Kementan juga membagikan kalung itu pada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan jajaran eselon I Kementerian PUPR. Sepintas memang tidak ada yang spesial dari kalung anti Corona tersebut.

Namun ketika didekatkan mulai tercium aroma eucalyptus yang kuat. Aroma tersebut keluar dari enam buah lubang kecil yang keluar dari isi di dalamnya.

Begitupun juga pada minyak roll-nya yang sekilas sama dengan minyak angin pada umumnya. Namun ketika Minyak roll-nya yang dioleskan pada masker juga mengeluarkan aroma yang kuat. (mat)