
PADANG – Mentawai melaju ke pentas bisnis selancar dunia. Kabar tersebut tersiar seiring dengan digagasnya konsep Mentawai Smart Service yang pelaksanaan mulai tahun ini.
“Konsepnya mengusung tema ‘Mentawai In Your Touch’ tersebut lahir atas desakan surfer yang menginginkan pembayaran retribusi masuk tempat rekrasi wisata selancar berbasis payment gateway ,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai, Desti Seminora kepada Singgalang , Selasa (16/5).
Mentawai in your touch atau dikenal dengan Mentawai dalam sentuhan Anda memanfaatkan teknologi digitalisasi. Konsep ini berusaha memudahkan wisatawan dalam membayar retrebusi tiket masuknya. Setelah itu akan lebih transparansi, aman, cepat dan adil.
Lebih lanjut dijelaskannya, kalau konsep ini, upaya digitalisasi vpelayanan, karena hampir 80 persen umumnya wisatawan mancanegara peselancar.
“Kebutuhan informasi para wisatawan tersebut tidak mau lagi membaca brosur, melainkan melalui era digital. Jadi kami harus menyikapi dan menyesuaikan diri dengan mereka dengan jaklan meningkatkan pelayanan digital,” jelasnya.
Artinya para wisatawan tersebut cepat dalam informasi dan terlayani hingga ke penjuru dunia. Hanya dengan satu sentuhan bisa melihat informasi, booking , pembayaran langsung dalam aplikasi. Dengan sekali sentuhan bisa melayani wisatawan yang jaraknya jauh.
“Untuk website kita sudah punya. Sekarang kita lagi membangun sistem aplikasi tersebut. Semoga terwujud tahun ini,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat, Oni Yulfian menyambut baik konsep ini. “Bagus, berarti Mentawai sudah menerapkan teknologi digital sehingga memberikan kemudahan kepada wisatawan,” katanya. (lenggo)