Tak Berkategori  

Mentawai, Solsel dan Pasbar Masuk Kategori Daerah Tertinggal di Indonesia

Wagub Nasrul Abit (dok)
Wagub Nasrul Abit (dok)

PADANG – Peringkat Sumbar sebagai dari tertinggal cukup parah, terutama Mentawai. Posisi Mentawai saat ini berada pada peringkat 76 dari 122 daerah tertinggal yang masih tersisa di Indonesia.

“Dari tiga daerah tertinggal yang masih ada di Sumbar, Mentawai posisi paling bawah. Karena itu harus bekerja ekstra keras untuk bisa lepas dari ketertinggalan,” kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Selasa (1/3).

Selain Mentawai, dua kabupaten tertinggal lainnya juga harus fokus untuk bisa melepaskan diri dari ketertinggalan. Meski tidak separah Mentawai.

“Kabupaten Solok Selatan saat ini berada pada peringkat 35 dan Pasaman Barat pada peringkat 33 dari 122 daerah tertinggal yang ada. Jika merujuk target pemerintah pada tahap awal akan mengentaskan 100 daerah tertinggal, Sumbar masuk kategori. Tetapi tetap harus bekerja keras,” katanya.

Pemprov Sumbar akan berusaha semaksimal mungkin membantu daerah tertinggal tersebut. Namun, hasil terbaik tentu hanya bisa diraih dengan kerja sama.

“Ada enam kriteria dan 27 indikator yang menjadi acuan daerah dikatakan tertinggal. Masing-masing daerah harus mengetahui kekurangannya dimana dan apa yang harus dilakukan,” katanya.

Enam kriteria itu masing-masing perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas dan karakteristik daerah. (yose)