Tak Berkategori  

Merpati Pailit, Ini Daftar Maskapai RI Alami Kebangkrutan

Ilustrasi (okezone.com)

JAKARTA – PT Merpati Nusantara Airlines dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga pada 2 Juni lalu di Surabaya. Selain Merpati Air ada beberapa daftar maskapai di Indonesia yang sudah gulung tikar.

Berikut pesawat di Indoenesia yang telah gulung tikar, dikutip oleh Koran Sindo pada Minggu (19/6/2022)

1. Sempati Air

Maskapai yang didirikan pada tahun 1968 dan mulai beroperasi pada tahun 1969 dengan nama PT Sempati Air Transport. Maskapai ini melakukan ekspansi besar selama akhir 1980-an hingga 1990-an. Sempati Air pun sempat melayani rute penerbangan berjadwal ke Singapura, Kuala Lumpur dan Manila.

Maskapai ini juga dikenal dengan pelayanannya yang prima. Namun Sempati kemudian bangkrut dan bertepatan dengan krisis moneter yang menghantam Indonesia pada tahun 1998. kebangkrutan tersebut juga disebabkan kesalahan manajemen.

2. Adam Air

Adam Air salah satu perusahaan swasta yang sempat disebut-sebut sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier terbaik di Indonesia. Jangkauan rute dan penambahan armada pesawatnya terbilang ekspansif sejak didirikan pada 2002. Namun, sebuah kecelakaan nahas membuatreputasi Adam Air langsung ambruk seketika.

Saat itu, pesawat Adam Air KI 457 rute Jakarta-Manado mengalami insiden kecelakaan di atas perairan Majene setelah hilang dari radar. Semua penumpang dan awaknya yang berjumlah 102 orang meninggal.Tak lama setelah kecelakaan tersebut, pemerintah mencabut izin terbangnya pada 19 Juni 2008 yang menandai berhentinya operasional Adam Air di Tanah Air.

3. Mandala Airlines

Mandala Airlines, yang kemudian bernama Tigerair Mandala, pertama kali beroperasi pada 17 April 1969. Maskapai ini kemudian dibeli oleh Indigo Partners dan Cardig International tahun 2006.

Karena masalah utang,Mandala berhenti beroperasi pada 12 Januari 2011. Akhir Februari 2011, para kreditur menyetujui restrukturisasi utang Mandala menjadi saham dan kembali beroperasi pada Juni 2011.

Sebagai bagian dari restrukturisasi, pemegang saham mayoritas adalah PT Saratoga Investment Group (51%), Tiger Airways dari Singapura (33%), serta pemegang saham lama dan para kreditur (16%). Namun, Mandala menghentikan kegiatan operasionalnya mulai 1 Juli 2014 lantaran kondisi pasar turun dan biaya operasional membengkak karena depresiasi rupiah.

4. Batavia Air

Bahan akan Maskapai bernama PT Metro Batavia ini mulai beroperasi pada 5 Januari 2002. Batavia Air tak hanya melayani penerbangan domestik, tetapi juga sejumlah rute internasional dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 dan A320-200.

Pada 30 Januari 2013, Batavia Air dinyatakan pailit oleh PN Jakarta Pusat karena ada permohonan yang diajukan perusahaan sewa guna pesawat International Lease Finance Corporation (ILFC). Sejak itu, maskapai tersebut berhenti beroperasi dan bangkrut. (okezone)

Artikel Asli