Tak Berkategori  

Minum 5 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Kanker Hati

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

KABAR baik untuk para pencinta kopi di seluruh dunia. Sebuah studi menemukan, minum 5 cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker hati. Periset menemukan, semakin banyak kopi dikonsumsi, semakin kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit hati. Bahkan, kopi tanpa kafein pun bisa memiliki efek perlindungan.

“Kopi dipercaya secara luas memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan temuan terbaru ini menunjukkan bahwa itu (minum kopi) dapat memiliki efek yang signifikan terhadap risiko kanker hati,” ujar penulis utama penelitian, Dr Oliver Kennedy dari University of Southampton yang dikutip Zeenews, Selasa (30/5/2017).

Para ahli dari University of Southampton dan University of Edinburgh memeriksa data dari 26 penelitian yang melibatkan 2,25 juta peserta. Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, mereka yang meminum satu cangkir kopi memiliki 20 persen lebih rendah risiko terkena kanker hepatoselular (HCC).

Selanjutnya, orang yang minum 2 cangkir kopi sehari memiliki risiko 35 persen lebih rendah terkena HCC, risikonya terbagi dua. Mereka bahkan mencatat efek perlindungan untuk kopi tanpa kafein.

“Mungkin penting untuk mengembangkan kopi sebagai intervensi gaya hidup terhadap penyakit hati kronis, karena kopi tanpa kafein mungkin lebih dapat diterima oleh mereka yang tidak minum kopi atau membatasinya,” simpul para peneliti. Demikian  okezone(aci)

agregasi okezone1