Tak Berkategori  

MotoGP Aragon: Bagnaia di Depan, Marquez Posisi 4

JAKARTA – Francesco Bagnaia meraih pole position Grand Prix Aragon setelah tampil tercepat di babak kualifikasi pada Sabtu sementara rekan satu timnya, Jack Miller membawa Ducati mengamankan posisi start 1-2 untuk balapan ke-13 di kalender tersebut.

Pecco merebut pole keduanya musim ini dengan catatan 1:46,322 yang menjadi rekor lap baru sirkuit Aragon. Miller terpaut 0,366 detik dari sang pebalap Italia.

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo melengkapi baris ketiga untuk Yamaha sedangkan Marc Marquez meraih hasil kualifikasi terbaiknya musim ini di P4 di depan rookie tim Pramac Racing Jorge Martin, dan pebalap Aprilia Aleix Espargaro, demikian laman resmi MotoGP.

“Saya sangat senang, saya mulai akhir pekan ini dengan banyak pertanyaan tentang trek ini, saya kewalahan di sini,” kata Pecco dikutip Reuters.

“Tapi ketika saya memulai tiga hari ini, perasaannya sangat baik dan saya senang dengan motor ini. Saya meningkatkan kecepatannya dan lap kualifikasinya luar biasa.”

 

Juara dunia bertahan Joan Mir akan melakukan serangan dari baris ketiga di P7, bersama Pol Espargaro dan Enea Bastianini.

Sementara Johann Zarco menyintas Q1 namun hanya mampu finis P10 di babak kualifikasi kedua di saat Takaaki Nakagami dan Brad Binder melengkapi baris keempat.

Setelah berpisah dengan Yamaha di tengah musim, Maverick Vinales menjalani debut sebagai pebalap Aprilia yang mengontraknya hingga 2022. Sang pebalap Spanyol bakal start dari P19.

Cal Crutchlow kembali menjalani tugas dari Yamaha untuk menempati bangku yang ditinggalkan Vinales, sedangkan Jake Dixon ditugasi ke tim Petronas Yamaha menggantikan Franco Morbidelli yang masih cedera.

Quartararo menuju Aragon dengan keunggulan 65 poin atas juara dunia bertahan Joan Mir. Sang pebalap Yamaha melabeli Aragon sebagai sirkuit terburuk dalam kariernya.

Sedangkan Suzuki pernah mengklaim kemenangan di sana lewat penampilan Alex Rins tahun lalu.

Di belakang Mir, Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Francesco Bagnaia (Ducati) tepaut 69 poin dan 70 poin dari Quartararo.

Marquez diprediksi tampil kuat di Aragon layaknya ketika dia merebut kemenangan pertama musim ini di Sachsenring, karena sirkuit yang berlawanan arah jarum jam tidak memberi tekanan berat kepada lengan sang pebalap yang masih cedera.

Sang juara dunia enam kali pernah lima kali menang di Aragon. (ant)