oleh

MTQ, Tanah Datar Antarkan 22 Finalis

BATUSANGKAR – Perjuangan kafilah asal Tanah Datar di ajang MTQ ke-38 tingkat Sumbar, nampaknya sudah maksimal. Semua potensi dikerahkan untuk meraih hasil terbaik, sebagamana yang pernah diraih beberapa tahun silam.

Pada MTQ ke-37 di Kota Pariaman, prestasi kafilah Luhak Nan Tuo itu sempat melorot ke urutan empat, padahal sebelumnya selalu berada pada posisi juara umum kedua. Dari Kota Solok, para kafilah bertekad untuk kembali menjadi yang terbaik di tingkat Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, 22 qari dan qariah kita berhasil masuk final yang dimulai Rabu (19/6),” ujar Pimpinan Kafilah H. Afrizon, di sela-sela aktivitasnya melakukan koordinasi para kafilah di Kota Solok.

Para finalis asal Tanah Datar itu adalah Nelli Zahara di cabang Tilawah Canet putri, Innayatul Muthmainnah (Tilawah Kanak-kanak putri), Muhammad Fachri (cabang Tilawah Remaja putra), Albizar (cabang Tilawah Dewasa), Dwi Yuli Astina (MHQ 5 juz Nontilawah putri), dan Yahdiyani di cabang MHQ 20 juz putri.

Berikutnya, Nabila Asy-Syifa di cabang MHQ 1 juz nontilawah putri, Muhammad Syukron (MHQ 5 juz tilawah putra), Fathiyah ‘Arafah Afsya (MHQ 5 juz tilawah putri), Fiki Sahira Farhah (tartil dasar putri), Gulaman Zaki (tartil menengah putra), dan Elisa Febria Putri pada cabang tartil menengah putri.

Di Cabang Tartil Umum, kafilah Tanah Datar berhasil menghantarkan M. Iryad, sedangkan untuk Cabang Tartil Eksekutif, Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Yesrita Z berhasil masuk final.

Muhammad Irsyad berhasil masuk final di cabang Tafsir Bahasa Indonesia putra, Najdah Rahmi (cabang Tafsir Bahasa Arab putri), Nila Hidayati (cabang Tafsir Bahasa Inggris putri), Rivi Pratama Putra (cabang Khat Naskah putra), Rosi Ramadhani (cabang Khat Hiasan Mushaf putri), Nofri Deswita (cabang Khat Dekorasi putri), Pani Septrion dan kawan-kawan (cabang MSQ putra), dan Suci Febriani pada cabang Bintang Vokalis Qasidah putri.

Pemkab Tanah Datar menyediakan bonus bagi anggota kafilah yang berhasil menyabet prestasi.

“Dana untuk pemberian bonus dan hadiah ini bersumber dari APBD Tanah Datar,” ujar Afrizon yang juga Kabag Kesra pada Setdakab Tanah Datar. (mus)

 

Berita Terkait