Tak Berkategori  

Mufida Jusuf Kalla Resmikan Gedung Promosi Tanah Datar

Ketua Dekranas Ny. Mufida Jusuf Kalla didampingi Ketua Dekranasda Tanah Datar Emi Irdinansyah, saat meninjau fasilitas di sentra tenun megah di Nagari Tigo Jangko, Lintau Buo Utara. (Musriadi Musanif)

BATUSANGKAR – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Mufida Jusuf Kalla meresmikan Gedung Promosi dan Pusat Oleh-oleh Kabupaten Tanah Datar, Senin (8/4). Gedung yang dirancang berlantai II dengan nilai Rp3,2 miliar itu kian memperkokoh posisi daerah berjuluk Luhak Nan Tuo itu di sektor pariwisata dan industri kreatif.

Mufida berharap, gedung baru tersebut dapat dimanfaatkan maksimal untuk memajukan industri kecil dan menengah (IKM), sekali mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanah Datar.

Peresmian gedung promosi ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Ny. Mufida dan Ketua Dekranasda Sumbar bersama Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah.

Emi Irdinansyah dalam laporannya, di gedung promosi itu akan disediakan beraneka fashion hasil kerajinan masyarakat Tanah Datar seperti tenun songket dari Lintau dan Pandaisikek. Di situ juga akan menjadi pusat promosi dan penjualan oleh-oleh kuliner dan souvenir.

“Dengan telah diresmikannya gedung ini, kita berharap wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar dapat mampir ke sini guna membeli oleh-oleh yang merupakan produksi masyarakat. Bila nanti telah berkembang, kita optimis, IKM akan bisa berkembang yang muaranya adalah kesejahteraan masyarakat,” kata Emi.

Sebelumnya, Ny. Mufida yang didampingi Gubernur Irwan Prayitno, Bupati Irdinansyah Tarmizi, dan Ketua DPRD Anton Yondra melakukan peninjauan Sentra Tenun Tanah Datar di Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo Utara yang sudah diresmikan Ny. Mufida tahun lalu.

Gubernur Irwan pada kesempatan itu mengatakan, Sentra Tenun diharapkan mampu melahirkan generasi muda kreatif dan berdaya guna. Keahlian menenun, katanya, merupakan gabungan dua unsur unggulan, yakni pelestarian budaya dan ekonomi kreatif.(mus)