oleh

Mulyadi Peduli Kampung Halaman, Kini Bukittinggi Terang Siang Malam

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat, H. Mulyadi saat menyerahkan lampu LED kepada Walikota Bukittinggi, H. Ramlan Nurmatias disaksikan Wawako, H. Irwandi. (ist)

BUKITTINGGI – Sebagai kota wisata, Bukittinggi terus berbenah mempercantik diri agar wisatawan yang datang ke sana, meningkat. Berbagai upaya terus pula dilakukan, antara lain, membuat terang wajah kota di malam hari demi kenyamanan wisatawan.

“Kami senang. Siang ramai. Malam juga ramai apalagi saat libur. Malam ramai, karena hampir di sepanjang jalan utama, terutama di kawasan wisata, ada tiang lampu LED sehingga kawasan itu menjadi terang. Tak ada penerangan atau berkelam-kelam saja, tentu orang takut berjalan malam,”  terang Indra, seorang warga belum lama ini.

Roni, seorang pedagang mainan anak-anak juga tidak menampik, perubahan signifikan yang terjadi di Bukittinggi. Bersih, nyaman dan adanya penerangan di malam hari, membuat pengunjung makin enjoy menikmati udara malam kota wisata itu.

Lampu jalan LED menghiasi sejumlah jalan utama di Bukittinggi, terutama di daerah kawasan wisata, sekitar pusat perbelanjaan serta kawasan lain yang selama ini kurang terang sekarang terang-benderang, dengan sudah terpasangnya lampu jalan LED.

“Kami berharap predikat Bukittinggi sebagai kota wisata dan menjadi incaran wisatawan tidak hanya ramai di siang hari, tapi juga di malam hari. Lampu jalan LED ini, adalah salah satu jawabnya,” sebut Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias suatu ketika.

Keinginan Pemko Bukittinggi untuk memperindah kota dan menjadikan kota wisata itu terang di malam hari mendapat respon dan dukungan dari anggota DPR asal dapil Sumbar 2, Ir. H Mulyadi dan pemerintah pusat.

Lampu jalan LED itu secara simbolis sudah diserahkan Mulyadi dan diterima oleh Walikota Ramlan Nurmatias, Jumat (12/8/2016) di kantor walikota. Yang diserahkan ketika itu meliputi 1.500 lampu jalan LED dan ratusan lampu solar cell beserta tiang senilai Rp11 miliar.

Sementara Mulyadi yang saat itu menjadi Wakil Ketua Komisi VII mengatakan, sebagai daerah tujuan wisata sudah sepatutnya Bukittinggi selalu terang, baik siang maupun malam. Karena hal tersebut akan sangat menunjang sektor yang bertumpu pada kenyamanan dan pelayanan tersebut.

“Banyak manfaat yang didapatkan dari penggantian lampu jalan tersebut. Selain menjadikan kota jam gadang lebih indah dan terang, lampu LED juga akan lebih hemat listrik,” terang Mulyadi.

Menurut Mulyadi, di bawah kepemimpinan Walikota, Ramlan Nurmatias bersama Wakil Walikota Irwandi satu-persatu masalah klasik yang dihadapi Bukittinggi secara bertahap dapat di atasi seperti masalah kebersihan dan kenyamanan kota.

Kepedulian Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar itu, diakui oleh Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, Yontrimansyah. Bahkan tidak saja mengupayakan membuat terang benderang Bukittinggi di  malam hari, berbagai pembangunan infrastruktur apalagi untuk kesejahteraan masyarakat juga dilakoni dengan baik.

“Rasanya sulit mencari sosok wakil rakyat yang optimal memikirkan rakyat dan daerah Sumbar sekaligus merealisasikan programnya di lapangan. Apalagi bagi Bukittinggi, untuk pembangunan termasuk program berbasis masyarakat, mengandalkan APBD kota tidak cukup. Justru dana APBN relatif cukup besar didrop ke sini. Siapa aktornya? Siapa lagi kalau tidak Pak Mulyadi,” terangnya.

Di Bukitttinggi, misalnya, Yontrimansyah tahu, banyak program prorakyat yang diboyong Mulyadi melalui kementerian terkait yang mitra kerjanya di Senayan. Sebab, saat Mulyadi menjadi pimpinan Komsi V DPR pada periode 2004-2009, Yontrimansyah juga menjadi anggota DPRD Bukittinggi dan kerap mendampingi Pak Mulyadi di lapangan. Program prorakyat itu antara lain, program bedah rumah, perbaikan sejumlah sarana wisata, bantuan bus, bantuan becak motor untuk mempermudah pengangkutan sampah ke TPA dan lainnya. (pepen)

 

News Feed