Tak Berkategori  

MK Optimis Pertumbuhan Ekonomi 7%, Irwan Realistis 6,5 Persen

Suasana debat publik Cagub/Cawagub Sumbar di Hotel Buminang, Padang, Senin (23/11)
Suasana debat publik Cagub/Cawagub Sumbar di Hotel Buminang, Padang, Senin (23/11)

PADANG – Calon Gubernur Muslim Kasim menargetkan pertumbuhan ekonomi lima tahun mendatang sebesar 7 persen. Sementara kompetitornya Irwan Praytino menargetkan 6,5 persen.

“Sesuai rencana pembangunan jangka panjang, pertumbuhan ekonomi kami targetkan 7  persen,” ujar Muslim Kasim pada debat publik edisi II di Hotel Bumi Minang, Senin (23/11) malam.

Ia optimis target tersebut dapat tercapai dengan menggerakkan investor ke Sumbar,  baik investor nasional dan asing, termasuk pengusaha-pengusaha Sumbar yang  berkiprah di rantau dan menumbuhkan pengusaha baru.

Sementara Irwan Prayitno menegaskan, pemerintah selama ini sudah berbuat.  Faktanya pendapatan perkapita tahun 2010 hanya Rp17,9 juta dan terus meningkat tiap tahun hingga pada 2015 diperkirakan Rp35 juta.

Ke depan kemajuan yang sudah ada itu akan dilanjutkan dengn meningkatkan ekspor. “Pelabuhan Teluk Bayur kita benahi,” ujarnya dalam debat yang dipandu Ekonom Unand, Hefrizal Handra itu.

Pihaknya juga mengupayakan percepatan serapan APBD provinsi dan kabupaten/kota, pengendalian inflasi, sehingga target realistis itu pertumbuhan ekonomi 6,5 persen.

“Memang di bawah RPJM, tetapi dengan pertimbangan ekonomi regional, global dan nasional,” lanjutnya.(aci)