Tak Berkategori  

Muswil Kelima, Mahyeldi Pimpin PKS Sumbar

Ketua DPW PKS Sumatera Barat periode 2020-2025, Mahyeldi (depan), bersama jajaran pengurus baru. (antara)

 

PADANG – Partai Keadilan Sejahtera melakukan suksesi kepemimpinan di tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Mahyeldi terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah Provinsi Sumbar periode 2020-2025. Walikota Padang yang juga Calon Gubernur Sumbar dengan perolehan suara terbanyak di Pilgub 2020 ini terpilih dalam Musyawarah Wilayah ke-5 PKS Sumbar yang dilaksanakan, Minggu (27/12).

Terpilihnya Mahyeldi sebagai Ketua DPW PKS Sumbar sangat mengejutkan. Pasalnya, Mahyeldi yang semula adalah Ketua Majelis Pertimbangan Partai tingkat Sumbar ini akan menjadi Gubernur Sumbar. Dengan demikian, Mahyeldi akan menjadi yang pertama sebagai Ketua DPW PKS yang sekaligus Gubernur Sumbar.

Terpilihnya Mahyeldi juga mengejutkan bagi internal PKS. Seperti diketahui, pemilihan pucuk pimpinan di partai ini melalui mekanisme pemilu internal. Pemilu internal memilih sejumlah nama yang potensial sebagai ketua yang baru. Nama-nama tersebut diteruskan ke DPP PKS. DPP PKS kemudian yang menentukan ketua baru di tingkat provinsi. Mahyeldi termasuk nama yang dipilih dalam Pemilu internal bersama nama-nama potensial lainnya.

Struktur PKS di tingkat daerah terbagi atas tiga, yaitu Dewan Pengurus Wilayah, Majelis Pertimbangan Partai, dan Dewan Syariah Wilayah. Sebagai Ketua MPP Wilayah Sumbar dijabat oleh Irsyad Syafar. Sementara, Ketua DSW dijabat oleh Zuladli.

Struktur PKS di tingkat provinsi ini juga dilengkapi oleh kepengurusan inti. Di tingkat DPW, Ulyadi Yesmar menjadi Wakil Ketua Umum, didampingi Rahmat Saleh sebagai Sekretaris Umum, Muhammad Ridwan sebagai Bendahara Umum dan Mulyadi sebagai Ketua Bidang Kaderisasi. Sementara, Ketua MPW didampingi Sekretaris Umum, Mochlasin dan Ketua DSW didampingi Sekretaris, Donis Satria.

Ketua MPW PKS Sumbar, Irsyad Syafar menyebutkan kepengurusan PKS yang baru banyak diisi oleh orang muda yang mewakili kaum milenial. Hal ini senapas dengan perubahan mendasar yang telah dilakukan PKS. Lewat Munas terbaru, PKS tampil dengan semangat dan logo baru. Logo baru PKS dengan dominasi warna oranye yang cerah mewakili semangat muda kaum milenial.

Mahyeldi sebelumnya pada 2000-2005 juga pernah memimpin DPW PKS Sumbar sebelum digantikan Trinda Farhan Satria yang saat ini menjadi Wakil Bupati Agam. (mat)