Tak Berkategori  

Napi Rutan Sawahlunto Tarawih dan Tadarus Alquran

Alquran

SAWAHLUNTO – Narapidana Rumah Tahanan Negara Sawahlunto menggelar Shalat Tarwih, Shalat Witir dan tadarus Alquran.

“Shalat Tarawih, Shalat Witir dan tadarus alquran kita gelar selama Ramadhan ini secara berjamaah di rutan ini,” kata Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sawahlunto, Subhan Malik kepada Singgalang, Sabtu (24/4).

Dikatakannya, Shalat Tarwih, shalat Witir dan tadarus alquran diikuti narapidana dan petugas rutan. Shalat Tarwih dan witir, diisi dengan ceramah agama yang disampaikan ustad dari Kantor Kementerian Agama.

Dikemukakan Kepala Rutan, tadarus yang digelar setiap malam. “Kita ingin narapidana dan petugas bisa khatam atau menamatkan membaca 30 juz alquran,” ujar Subhan.

Lebih jauh dikemukakan, Ramadhan ini bisa pula menjadi tempat belajar dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Selain Shalat Tarwih, Witir dan tadarus alquran, siang diisi dengan program belajar kutbah Jumat bagi warga binaan atau narapidana.

“Jadwal khatib khutbah Shalat Jumat nantinya bisa bergantian dengan ustad yang telah ada. Sesuai dengan fungsi lain rutan sebagai tempat pembinaan bagi narapidana,” tutur Subhan. (cong)