Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana Gempa dan Tsunami ke Jepang

×

Nasrul Abit Pelajari Tata Kelola Penanganan Bencana Gempa dan Tsunami ke Jepang

Sebarkan artikel ini
Wagub Sumbar Nasrul Abit mempelajari tata kelola penanganan bencana ke Jepang. (ist)

Kawasan Sendai pernah terkena dampak gempa berkekuatan 9.0 SR, pada tahun 2011. Gempa tersebut merupakan gempa terbesar sepanjang sejarah Jepang dengan korban ribuan jiwa.

“Tren penanganan bencana di Jepang telah berubah dari disaster prevention (pencegahan bencana) menjadi disaster reduction (pengurangan resiko bencana). Kita pelajari tata kelola penanganan bencana disini,” kata Nasrul Abit ketika dihubungi media, Sabtu 19 Oktober 2019.

Menurut Nasrul Abit, saat ini Jepang sudah membuat tata kota yang baru untuk melindungi warga dan bangunan jika tsunami kembali datang menghantam. Salah satu solusinya, membangun sea wall adalah pilihan terbaik untuk saat ini. Ini, merupakan salah satu langkah disaster reduction Jepang.

Nasrul Abit, sejak dulunya terkenal getol menyiapkan fasilitas umum aman dari gempa dan tsunami. Bupati Pesisir Selatan dua periode itu juga aktif turun ke lapangan saat terjadi bencana.

“Saya mendapatkan penjelasan detail dari Wakil Gubernur Prefecture Miyagi mengenai tata kelola penanganan bencana. Informasi dan pengalaman ini akan kita manfaatkan untuk memperbaiki penanganan bencana di Sumatera Barat kedepannya,” tutup Nasrul Abit. (*)