oleh

Operasi Ketupat Singgalang, Polda Kerahkan 3.259 Personel

PADANG – Polda Sumbar mengerahkan sebanyak 3.259 personel kepolisian untuk pengamanan Idul Fitri 1440 H. Dalam kegiatan dengan sandi Operasi Ketupat 2019, kepolisian dibantu TNI, PU, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan instansi terkait lainnya.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal mengatakan personel kepolisian itu ditempatkan di beberapa tempat rawan kejahatan, kemacetan dan tanah longsor. Begitu juga pintu masuk Sumbar, juga dijaga ketat aparat kepolisian dengan bekerja sama dengan TNI.

“Kita pastikan wilayah Sumbar kondusif, tidak ada gangguan dan ancaman,” kata Kapolda. Dikatakan, dalam Operasi Ketupat 2019 ini, kepolisian mendirikan 62 pos pengamanan (Pos PAM) dan 32 pos pelayanan yang tersebar di wilayah Sumbar.

Dalam pengamanan Lebaran, ada beberapa kerawanan yang harus diantisipasi, yakni kecelakaan lalulintas (Lantas), kemacetan, tindakan kriminal dan bencana alam. “Beberapa kerawanan itu telah kita antisipasi dengan mengerahkan dua pertiga kekuatan Polri,”.

Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Firti merupakan nuansa religius yang dilaksanakan masyarakat Sumbar yang memegang teguh nilai keagaman. Silaturrahmi antar sesama akan meningkatkan mobilitas, kebutuhan pokok serta nuansa liburan di sejumlah tempat wisata.

Untuk itu, masalah keamanan dan ketertiban merupakan tanggungjawab kepolisian dengan Operasi Ketupat Singgalang 2019. (guspa)

Loading...

Berita Terkait