oleh

Operasi Patuh, 6.267 Pengendara Ditindak dalam Sepekan

PADANG – Sepekan gelaran Operasi Patuh Singgalang 2019 dilaksanakan, sudah 6.267 surat tilang dilayangkan Direktorat Reserse Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar dan Satuan Lantas Polres jajaran kepada pengendara.

Dari jumlah tilang tersebut, kendaraan roda dua mendominasi pelanggaran yang terjadi sebanyak 4.699 tilang. “Data kami sepekan ini, sudah lebih dari 6 ribu tilang dan ada sekitar 1.015 teguran yang diberikan,” ujar Direktur Lantas Polda Sumbar, Kombes Pol Nurhandono, Kamis (5/1).

Dirincikan, untuk pelanggaran pada mobil penumpang ada 997 tilang, minibus 43, dan mobil angkutan barang 527 tilang. Sementara untuk kecelakaan lalu lintas, tercatat 47 kejadian. Dari jumlah yang ada, dua orang meninggal, empat luka berat dan 72 orang luka ringan. Sedangkan untuk kerugian materil mencapai Rp39 juta lebih.

“Pelanggaran yang paling dominan ditemukan adalah tidak menggunakan helm, anak-anak yang mengendarai kendaraan tanpa izin serta tidak menggunakan seatbelt (sabuk pengaman),” tuturnya

Meski demikian, pihak Ditlantas belum bisa memastikan kenaikan atau penurunan jumlah pelanggaran dari gelaran operasi patuh tahun sebelumnya. Mengingat operasi masih akan berlangsung hingga satu pekan ke depan.

“Tentunya nanti setelah operasi digelar, kita akan melakukan analisis dan evaluasi (anev). Sehingga bisa melihat perbandingan dari tahun-tahun sebelumnya, tentu kita berharap dan terus mengimbau pengendara untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara,” harap Dirlantas. (givo)

Loading...

Berita Terkait