73 Tahun Mengudara, Radio BBC News Indonesia Undur Diri

Foto Harian Singgalang
×

73 Tahun Mengudara, Radio BBC News Indonesia Undur Diri

Bagikan opini

"Ke depan kami tidak menutup kemungkinan untuk hadir dalam bentuk siniar atau podcast di platform audio streaming, seperti yang sudah kami lakukan tahun ini."Ada dua siniar yang telah kami luncurkan di Spotify dan Apple Podcast yakni 'Investigasi Skandal Adopsi' serta 'Flora Carita'," tambahnya.

Kepergian Radio BBC Indonesia dari ruang dengar berbahasa Indonesia mengikuti jejak stasiun radio internasional lainnya.Radio Nederland Siaran Indonesia, Ranesi, pamit dari udara pada 2012. Demikian juga Radio Jerman Deutsche Welle.

Awalnya, siaran radio BBC Indonesia dipancarkan melalui gelombang pendek atau Short Wave.Gelombang SW dapat menempuh jarak yang sangat jauh, lintas benua, sehingga dapat menjangkau khalayak yang luas.

Dan, ketika ada peralihan ke saluran FM atau frequency modulation, BBC Indonesia kemudian menjalin kerja sama dengan radio mitra di berbagai di Indonesia.Atas prakarsa Menuk Suwondo (almarhumah) — yang mulai menjabat sebagai Kepala Seksi BBC Indonesia pada 1998 — memperluas jangkauan pendengar, melalui kerja sama dengan Radio Elshinta, Jakarta.

Dari Elshinta sebagai mitra pertama ini, muncul kerja sama dengan mitra-mitra radio lain di berbagai provinsi di Indonesia.Radio mitra itu tersebar dari Papua hingga ke Aceh, dan jumlah mitra BBC Indonesia pada tahun 2000-an mencapai lebih dari 100 mitra radio.

Elida, Station Manager Smart FM Banjarmasin, di Kalimantan Selatan, salah satu mitra radio BBC, menyayangkan siaran radio BBC Indonesia harus berakhir.Apalagi Smart FM sudah menjadi mitra BBC lebih dari satu dekade.

"Kalau kita sih jujur sangat menyayangkan karena memang BBC ini 'kan juga menyiarkan berita-berita yang memang tidak ter-cover oleh media kami di daerah."Dengan tidak adanya lagi BBC di radio, tentu pertama, dampaknya adalah varian dari konten kami jadi berkurang dan variasi berita yang kemarin ter-cover oleh BBC jadi sudah tidak ada lagi," kata Elida kepada wartawan BBC News Indonesia, Tri Wahyuni, Selasa (27/12).

Terlebih lagi, kata dia, para pendengar Smart FM Banjarmasin juga membutuhkan informasi-informasi seperti yang disajikan BBC siaran Indonesia karena dianggap "netral" dan "tidak memihak".Senada dengan Elida, pemilik radio Mercury FM Surabaya, Edward Setyadharma juga menyayangkan penutupan siaran radio BBC Indonesia.

Menurut Edward, BBC siaran Indonesia penting bagi radionya. Selain untuk alternatif pilihan informasi, BBC siaran Indonesia "secara tidak langsung memberikan benchmark untuk membekali jurnalis" Mercury FM. (bbc)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini