LRT, Wujud Nyata Transportasi Impian Masyarakat Jabodebek

Foto Harian Singgalang
×

LRT, Wujud Nyata Transportasi Impian Masyarakat Jabodebek

Bagikan opini

Artinya, LRT Jabodebek benar-benar memperhatikan kenyamanan pengguna jasanya. Sesuai dengan Perpres 49 tahun 2017, KAI memang ditugaskan sebagai penyelenggara sarana dan prasarana LRT Jabodebek diantaranya meliputi pengadaan sarana, pengoperasian sarana dan prasarana, perawatan sarana dan prasarana, dan pengusahaan sarana dan prasarana, menyelenggarakan sistem tiket otomatis (Automatic Flare Collections). Ini tentu akan menjadi perhatian sangat serius demi para pengguna jasa.Selain itu, KAI sebagai perusahaan BUMN yang ditunjuk untuk menjadi operator LRT Jabodebek juga tengah mempersiapkan berbagai aspek demi kelancaran operasional transportasi modern tersebut. Salah satu yang tengah KAI persiapkan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk dapat mewujudkan keselamatan dan kelancaran operasional LRT Jabodebek. KAI juga telah menyiapkan kelengkapan Depo LRT Jabodebek yang berfungsi untuk menyimpan, memeriksa, merawat, serta memperbaiki sarana dan komponen pendukung LRT Jabodebek.

Untuk kenyamanan sudah teruji dan mendapatkan acungan jempol dari orang nomor satu di republik ini. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang ikut ujicoba pada 26 Desember 2022 lalu dengan rute Stasiun Harjamukti sampai Stasiun Taman Mini mengatakan LRT Jabodebek merupakan transportasi yang nyaman, cepat, tidak berisik, dan tanpa masinis. “Rute sepanjang 9 km ditempuh dalam waktu 12 menit, dengan kecepatan kereta 80 km per jam, sangat cepat sekali dan tanpa masinis,” kata presiden seperti dilihat dari video yang ditayangkan sekretariat presiden.Presiden juga mengaku bangga, karena kereta dibuat anak bangsa sendiri di PT Industri Kereta Api (INKA), sebagai perusahaan dalam negeri.

Kini, warga Jabodebek menunggu hadirnya angkutan ini. Kuswardojo kepada hariansinggalang.co.id pekan lalu mengatakan, operasional LRT Jabodebek diperkirakan akan dimulai pada pertengahan tahun 2023 ini. “Rencana operasional Juli 2023,” katanya.Saat ini, KAI bersama pihak-pihak terkait terus mempersiapkan berbagai aspek agar LRT Jabodebek dapat beroperasi sesuai target yang direncanakan. Per Januari 2023, progres pembangunan telah mencapai 88,38%. Diperkirakan segera tuntas jelang operasional, sehingga harapan warga Jabodebek memiliki angkutan cepat, aman, nyaman dan selamat bisa segera terwujud. Semoga ! (*)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini