Indarung I Cagar Budaya Nasional, PERJUANGAN PANJANG ITU SUKSES

Foto Harian Singgalang
×

Indarung I Cagar Budaya Nasional, PERJUANGAN PANJANG ITU SUKSES

Bagikan opini

Dalam salah satu dari lusinan dossiers saya temukan catatan yang menunjukkan bahwa produk NV NIPCM dikirim hampir ke seluruh daerah di Hindia Belanda (yang kemudian menjadi Indonesia). Bahkan saya menemukan nama-nama daerah yang baru sekarang saya dengar namanya.Dengan demikian, hampir dapat dipastikan bahwa dalam fondasi dan rangka bangunan-bangunan utama di kota-kota Hindia Belanda dulu, besar dan kecil, terkandung semen dari NV. NIPCM.

Demikianlah umpamanya, dalam dossier berkode 536-104 dicatat: tahun 1914, tahun ke-3 NV. NIPCM berproduksi, produknya sudah dikirim antara lain ke daerah-daerah berikut (pengiriman bekerjasama dengan Koninklijke Paketvaart Maatschappij): “Chirebon en Tegal, Semarang, Soerabaya, Bandjermasin, Samarinda, Boeleleng, Makassar, Menado, Ternate, Gorontalo, Ambon, Banda, Pontianak, Toboali, Soengai Slan, Ko-ba, Batoe Roesa, Merawang, Soengai-Liat, Blinjoe, Djeboes, Muntok, Palembang, Bengkoelen, Kroë, Telok Betong, Siboga, Oelee-Lheue, Sabang, Sigli, Lho-Seumawe, Langsa, Belawan-Deli, Penang, Singapore” (disalin sesuai dokumen aslinya). Dalam beberapa dossiers lain tercatat pula tempat-tempat ‘pelemparan’ produk NV. NIPCM selain kota/daerah yang disebutkan di atas.Dengan keluarnya keputusan Pemerintah di atas, sebuah tahap penting sudah dilalaui: Indarung I sudah resmi menjadi CBN.

Kini kawan-kawan di Padang melanjutkan perjuangan: menjadikan Indarung I sebagai salah satu situs Warisan Dunia UNESCO.Untuk itu, tentu diperlukan kerja yang lebih serius lagi. Dalam rangka pengusulan itu, delegasi PT. Semen Padang (Khairul Jasmi, Anita Rahmawati, Oktoweri) beserta unsur pimpinan PT. Semen Indonesia dan sejumlah anggota DPR dari Komisi 6 telah berkunjung ke Belanda tanggal 19-23 Februari lalu. Atas mediasi saya, delegasi dari Indonesia itu telah diterima oleh pimpinan tiga institusi yang menyimpan arsip-arsip, dokumen-dokumen dan/atau kepustakaan mengenai NV. NIPCM/PT. Semen Padang di Belanda, yaitu: National Archives of the Netherlands di Den Haag, Leiden University Library di Leiden dan Gemeente Amsterdam Stadsarchief di Amsterdam.

Diharapkan kunjungan itu akan dapat lebih memantapkan tekad PT. Semen Padang dalam pengusulan Indarung I sebagai UNESCO’s World Heritage.Penetapan Indarung I sebagai CBN kiranya perlu diberi ucapan selamat dan dirayakan.

Sekarang semua orang boleh bergembira dan merasa berjasa, paling tidak merasa sato sakaki.Namun, yang lebih penting lagi adalah kerja selanjutnya: bagaimana merevitalisasi situs CBN itu, menjadikannya ‘hidup’ kembali dan memberi manfaat ekonomis, sosial-budaya, sejarah dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat setempat, Indonesia dan dunia.(*)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini