Kinerja BRI Sebagai Bank Rakyat

Foto Harian Singgalang
×

Kinerja BRI Sebagai Bank Rakyat

Bagikan opini

Lebih khusus, meningkatkan kredit bagi perekonomian masyarakat yang berada diwilayah tergolong daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) serta menjadi perhatian serius dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.Peningkatan selama tiga (3) tahun terakhir juga terlihat dari jumlah harta kekayaan (asset) yang pada tahun 2019 hanya berjumlah Rp1.416,8 triliun.

Atas peningkatan harta kekayaan ini, BRI mampu mengalahkan BCA sebagai bank swasta terbesar dengan total harta kekayaan (asset) yang tumbuh diangka berganda (double digit) sebesar 11,18% menjadi Rp1.865,64 triliun pada tahun 2022.Terdapat peningkatan jumlah harta kekayaan yang signifikan sejumlah Rp448, 84 atau mengalami kenaikan sebesar kurang lebih 30 persen.

Kemampuan yang dimiliki ini sebenarnya memungkinkan BRI untuk berkompetisi di pasar internasional memperluas pangsa pasar dengan membuka jaringannya di luar negeri.Apalagi, sejak BRI pertama kali tercatat sebagai emiten di BEI (berkode BBRI), harga sahamnya saat ini telah meningkat lebih dari 54 kali jika dibandingkan dengan harga pada saat Initial Public Offering (IPO).

Yang mana pada saat penawaran saham perdana (IPO) tersebut pada tanggal 10 Nopember 2003 harga sahamnya dijual Rp875/ lembar saham.Meskipun telah IPO, ternyata BRI mampu memberikan kontribusi terbaiknya bagi Negara dibandingkan BUMN lain yang telah IPO tetapi justru berkinerja buruk.

Oleh karena itulah, apresiasi dan kiriman selamat atas keberhasilan pencapaian kinerja yang luar biasa ini patut diberikan atas dedikasi jajaran BRI.Semoga capaian kinerja BRI ini menginspirasi manajemen BUMN lainnya sebagai perwujudan dari mandat konstitusi ekonomi Pasal 33 UUD 1945.

Tentu saja, masyarakat berharap BRI terus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran orang banyak. Salah satu caranya, adalah membangun dan mengembangkan publikasi dan komunikasi kepada masyarakat perdesaan secara lebih efektif, sederhana dan tepat sasaran.(*)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini