Jemput Pemilu Damai, Ribuan Orang Subuh dan Do'a Bersama di Mapolda Riau

Foto Harian Singgalang
×

Jemput Pemilu Damai, Ribuan Orang Subuh dan Do'a Bersama di Mapolda Riau

Bagikan opini

Khususnya soal pemilu, ada Deklarasi Pemilu Damai dan Do'a Bersama Pemilu Damai 2024 yang sukses memberi manfaat.

Irjen Iqbal berpesan agar pihak yang nantinya memenangkan pemilu, agar jangan tinggi hati dan harus merangkul yang kalah.

"Bukan saja siap kalah dan menang, tapi siap merangkul. Pemilu juga sebagai sarana edukasi publik dan membantu wajah demokrasi dimasa yang akan datang," kata mantan Kapolda NTB tersebut beberapa waktu lalu.

Lebihlanjut, Jendral bintang dua itu juga mengatakan bahwa pemilu dalam sebuah negara demokratis adalah jalan damai untuk merebut kekuasaan secara legal.

Tak hanya itu, pemilu juga berfungsi sebagai sarana integrasi bangsa karena merekat perbedaan pilihan politik di tengah masyarakat Indonesia yang multikultural.

"Tanpa pemilu, Indonesia dapat terpecah karena perbedaan pandangan politik dan kepentingan. Tapi dengan pemilu perbedaan pandangan politik bisa menyatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI.red)," ungkapnya.

Lanjut Iqbal, Polri tidak bisa mengandalkan kekuatan atau hard power semata, kekuatan sesungguhnya adalah semua lapisan masyarakat yang harus berperan mengamankan sehingga suasana pesta demokrasi lima tahunan bisa menjadi kondusif, aman, damai dan berintegritas.

Menurut Iqbal, faktor yang menentukan terwujudnya pemilu damai terdiri dari 3 faktor yaitu Penyelenggara pemilu harus berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kedua, penyelenggara pemilu harus memiliki integritas dan profesional agar terbangun public trust.

Dan ketiga warga yang memiliki hak pilih menjadi pemilih berdaulat.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini