Ormas Islam dalam Pusaran Pilpres 2024

Foto Harian Singgalang
×

Ormas Islam dalam Pusaran Pilpres 2024

Bagikan opini

Meski dengan berbusa-busa dan berapi-api beberapa elit persyarikatan dan jam’iah menyatakan netralitas, akan tetapi tanpa disadari atau dengan kesadaran penuh, terbaca telah berada di pihak tertentu.Bahasa majas, kiyasiah, kinayah dapat ditafsirkan secara gamblang. Bahkan bagi yang faham, ternyata mereka sudah tidak netral.

Tentu saja hal ini tak berlaku kepada tokoh tertentu. Misalnya Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. Gubernur Jatim ini tak sungkan menyebut dirinya pendukung Prabowo-Gibran dan dinyalir menjadi TKN di situ.Bahwa ada himbauan nanti harus menyatakan diri non-aktif dalam kemimpinan Muslimat khususnya dan NU in-toto, sepertinya hal itu tak menjadi pikiran dan halangan bagi tokoh satu ini.

Boleh jadi Khofifah sedang menanam benih untuk 2029 nanti. Kalau tidak menjadi Capres minimal Cawapres pada periode berikutnya.Bisa jadi perkiraan ini yang menjadi pemahaman awam yang dimaksud Gus Ipul. “Jangan menjadi “EO” memberikan panggung kepada orang lain lalu mereka hanya menjadi penonton.

Mafhum “mukhalafah”-nya hendaklah sekaligus menjadi pemain atau aktor.Seperti yang terjadi pada 2019, Ma’ruf Amin salah satu tokoh sentral NU masa itu menjadi Cawapres dan sukses. Wa Allahu a’lam bi al-shawab.***

Shofwan Karim, Dosen PPs UM Sumbar dan Ketua Umum YPKM. 

 

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini