Peran Teknologi Digital pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dalam Proses Pembelajaran

Foto Atifah Hirahmah
×

Peran Teknologi Digital pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dalam Proses Pembelajaran

Bagikan opini

Manfaat Teknologi Digital

Tidak bisa kita pungkiri jika teknologi digital memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi kita. Adapun manfaatnya antara lain sebagai berikut:

  •         Akses Informasi

Teknologi digital memungkinkan kita mendapatkan akses yang cepat dan mudah terhadap informasi dari berbagai sumber. Mulai dari internet, database online, dan perangkat penyimpanan digital. Dengan semakin mudahnya kita mendapatkan informasi, memungkinkan untuk belajar, meneliti, dan mengakses pengetahuan dengan lebih efisien daripada sebelumnya.

  •         Komunikasi yang Semakin Mudah

Teknologi digital juga turut mengubah cara kita berkomunikasi. Melalui email, pesan teks, panggilan video, media sosial, dan aplikasi pesan instan, orang dapat terhubung dengan orang lain di seluruh dunia dengan cepat dan efisien.

  •         Meningkatkan Produktivitas

Dengan lahirnya berbagai alat dan aplikasi digital membantu meningkatkan produktivitas baik dalam lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan menggunakan software produktivitas mulai dari spreadsheet, dan manajemen proyek memungkinkan orang untuk mengelola tugas dan pekerjaan dengan lebih efisien.Selain itu, pemanfaatan teknologi digital dalam Literasi lingkungan mengacu pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi digital terkait isu-isu lingkungan. Ini termasuk:

  •         Memahami dampak teknologi digital terhadap lingkungan: Hal ini meliputi konsumsi energi dan sumber daya alam, emisi gas rumah kaca, dan dampak terhadap keanekaragaman hayati.
  •         Menggunakan teknologi digital untuk melindungi lingkungan: Hal ini meliputi penggunaan aplikasi dan platform digital untuk memantau dan melacak masalah lingkungan, meningkatkan kesadaran tentang isu-isu lingkungan, dan memobilisasi aksi kolektif.
  •         Menjadi konsumen digital yang bertanggung jawab: Hal ini meliputi memilih perangkat dan layanan digital yang ramah lingkungan, mengurangi jejak digital, dan menyebarkan informasi yang akurat tentang isu-isu lingkungan.
  • Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini