Rp 4 Triliun dari Tambang,Mangani dan Roempoet Pait

Foto Khairul Jasmi
×

Rp 4 Triliun dari Tambang,Mangani dan Roempoet Pait

Bagikan opini

Nama Mangani nan gagah diberikan oleh Ir. E. Geist, seorang ahli pertambangan dari Austria pada akhir 1907

**

Monografie van De Artsafzettingen te Mangani (Sumatra) Op De Consessies der Mijnbouw-Maatschappij Aequator yang terbit di Den Haag 1933, memuat hil-hil yang luwar biyasah di tambang: Mangani dah Roempoet Pait, duo konsesi yang terpaut 900 meter. Sejak 1914 sampai 1930 sudah ditambang emas di sana 5 ton dengan nilai Rp 4 triliun jika sekarang dikurs-kan ke rupiah. Dicatatan itu disebut 23 juta gulden. Tambang tersebut dikelola oleh perusahaan bernama Aequator. Di sana bekerja ahli Jerman dan Belanda. Mangani lebih awal, disusul Roempoet Pait 1923.

Yang disurvei ada 23 koridor dan setidaknya 11 koridor berisi bijih emas dan baru dua yang bisa digarap, Mangani dan Roempot Pait. Koridor lainnya belum ditambang, disebabkan alat yang tidak ada karena karena emas bersembunyi di bawah bebatuan yang tebal.

Sebuah iklan terbaca di Het Nieuws, Batavia edisi 07-01-1923, isinya Mangani membuka lowongan kerja bagi ahli tambang, sedang bagus-bagusnya. Penduduk pribumi jadi tukang gali lobang tambang saja, digaji setiap Sabtu. Urang awak juga tukang cari kayu untuk bahan bakar kilang penyulingan emas. Marasai benar kita oleh Kumpeni ini.

Hasil tambang di dua konsesi ini, dilaporkan dalam RUPS setiap tahun di Amsterdam. Aequator perusahaan mayoritas milik Jerman ini, dilikuidasi Marsman Grup di Manila.

Het Marsman Concern Activiteit op Sumatra ” dalam De Avondpost, edisi 24-04-1938. N.V. Marsman yang berbasis di Amsterdam, tapi berita lain menyebut di Manila. Lalu siapa pemilik Marsman? Jan Hendrik Marsman lahir pada 1892 dan dibesarkan masuk sekolah insiyur sipil di Belanda. Ia membuat perusahaan bersama kawan-kawannya.

Yang bergerak ke Mangani adalah Algemeene Exploratie Maatschappij milik N.V. Marsman bagian dari Marsman Concern. Perusahaan konglomerat ini berminat untuk eksplorasi bijih di Hindia Belanda. Grup ini punya usaha yang banyak di Filipina, Amerika Serikat, Amerika Utara, Tiongkok dan Burma, dan hal yang sama juga dilakukan di Jawa dan Sumatra.

Algemeene Exploratie Maatschappij didikan November 1937 terdaftar di Amsterdam dan manajemennya dibentuk oleh Marsman, sebagai pemimpin N.V. Mijnbouw Technisch Bureau Marsman dan oleh Handel Maatschappij dari N.V. Gebroeders Veth. Demikian terbaca dalam Deli Courant terbitan Medan, edisi 08-11-1939.

Beberapa tahun sebelumnya:

Bagikan

Opini lainnya
Terkini