Rp 4 Triliun dari Tambang,Mangani dan Roempoet Pait

Foto Khairul Jasmi
×

Rp 4 Triliun dari Tambang,Mangani dan Roempoet Pait

Bagikan opini

Oh ya Roempoet Pait? Satu-satu dulu. Jika Mangani gagah maka Roempoet Pait, cantik. Sejoli ini menghasilkan emas yang diolah di kilang pengolahan di Ramboetan.

Ke sananya, bernama Bonjol. Di sana pada ada lagi tambang emas konsesi milik Belanda, dikelola oleh perusahaan Barisan. Nama konsesinya, Balimbing.

Ke sananya ada wilayah Ophir, yang dalam Taurat disebut Ofir:

“ Mereka berlayar ke Ofir dan mengambil dari sana empat ratus dua puluh talenta emas yang mereka bawa kepada Raja Sulaiman” (Raja-raja 9:28)

Dimana Ofir atau Ophir itu? Seluruh catatan, dokumen, berita dari abad 17, 18, 19 dan awal abad 20 yang bersumber dari Belanda menyebut, Ofir itu ada di Sumatera Barat. Kalau iya dimana? Di Pasaman Barat sekarang.

Jangan- jangan benar orang Minangkabau keturunan DNA hebat, karena ini. Tapi saya mana berani ambil kesimpulan. Baca sajalah Taurat

Mereka pergi bersama anak buah Sulaiman ke Ofir dan mengambil dari sana talenta emas yang kemudian mereka bawa kepada Raja Sulaiman.

(Tawarikh 8:18)

" Lagi pula, kapal-kapal Hiram, yang mengangkut emas dari Ofir, membawa dari Ofir banyak sekali kayu cendana dan permata (Raja-raja 10:11).

Kitab Suci Al Qur'an yang senantiasa meminta umat Islam agar berpikir. Gunakan otak, tak menunjuk tempat. Tapi, begini:

Bagikan

Opini lainnya
Terkini