Melihat Dump Truk Bertenaga Listrik di Sinoma Mine Construction China

Foto Werry Darta Taifur
×

Melihat Dump Truk Bertenaga Listrik di Sinoma Mine Construction China

Bagikan opini
Ilustrasi Melihat Dump Truk Bertenaga Listrik di Sinoma Mine Construction China

Penggunaan kenderaan bertenaga listrik semakin meluas di China. Saat ini tidak hanya untuk alat transportasi orang, seperti mobil, sepeda motor atau jenis kenderaan lainnya, tetapi telah berkembang menjadi alat transpotasi untuk angkutan barang, material tambang dan lainnya dengan tonase di atas 60 ton.

Perkembangan penggunaan berjenis-jenis kenderaan bertenaga listrik di berbagai sektor merupakan salah satu bukti komitmen China untuk menurun emisi gas rumah kaca, secara nyata.

Salah satu perusahaan yang menggunakan dump truk yang mengunakan energi listrik untuk mobilisasi material tambang, Sinoma Mine Construction Co., Ltd,. yang berlokasi di distrik Yixing, Provinsi Jiangsu, China.

Semua dump truk bertonase 60 ton yang digunakan perusahaan ini untuk mengangkut material bungkahan batu kapur dari tambang ke crusher telah menggunakan dump truk bertenaga listrik.

Semula sulit dipercaya kemampuan dump truk untuk mengangkut dengan muatan bungkahan batu kapur seberat lebih 60 ton dari kedalaman 50 m melalui tanjakan dan tikungan tajam. Tetapi, setelah saya saksikan sendiri Senin (26/8/2024) di lokasi tambang Sinoma, ternyata semua dump truk yang beroperasi hari itu dengan enteng dapat melalui medan jalan yang berat dari kedalaman 50 m. Truk bergerak menuju ke lokasi crusher dengan jarak lebih kuran 1,5 km.

Bagikan

Opini lainnya
Terkini