Dokter Muda Unand dan Puskesmas Nanggalo Cegah Obesitas Anak dengan Program Gembira

Foto Aurelia Agantha
×

Dokter Muda Unand dan Puskesmas Nanggalo Cegah Obesitas Anak dengan Program Gembira

Bagikan opini
Ilustrasi Dokter Muda Unand dan Puskesmas Nanggalo Cegah Obesitas Anak dengan Program Gembira

PADANG - Dokter muda IKM-KK FK Universitas Andalas dengan preseptor dr. Husna Yetti, Ph.D bekerja sama dengan Puskesmas Nanggalo Padang menunjukkan komitmen kuatnya dalam menangani masalah kesehatan anak usia sekolah, khususnya terkait gizi lebih dan obesitas.

Pada 28 September 2024, Dokter muda IKM-KK FK Universitas Andalas dan Puskesmas Nanggalo telah melaksanakan program kesehatan bertajuk Gembira (Gerakan Makan Bergizi dan Rajin Olahraga). Program ini merupakan bagian dari upaya pengendalian gizi lebih dan obesitas yang terus meningkat, terutama pada anak usia sekolah di wilayah Nanggalo.

Melalui pendekatan Plan-Do-Check-Action (PDCA), program Gembira diharapkan menjadi solusi konkret dalam menghadapi masalah gizi lebih dan obesitas yang masih tinggi di kalangan anak sekolah. Data terbaru menunjukkan prevalensi anak-anak dengan gizi lebih dan obesitas di wilayah Nanggalo mencapai 11,41% dan 8,12%, melebihi target nasional yang diharapkan. Oleh karena itu, program ini akan fokus pada edukasi gizi, aktivitas fisik, dan perubahan pola makan sehat.

“Kami berharap dengan adanya program GEMBIRA, masyarakat terutama para orang tua dan siswa dapat lebih memahami pentingnya asupan gizi seimbang dan aktivitas fisik untuk mencegah obesitas pada anak,” ujar dr. Muhammad Fardhan, Kepala Puskesmas Nanggalo

Penyelenggaraan program ini dilakukan di SD Negeri 05 Surau Gadang dikarenakan prevalensi tertinggi angka gizi lebih dan obesitas yang tinggi dibandingkan sekolah dasar lain pada wilayah kerja puskesmas Nanggalo. Salah satu inovasi yang diusung dalam program ini adalah pemanfaatan media interaktif sebagai alat edukasi seperti penyebaran leaflet GEMBIRA serta pemberian materi interaktif yang menarik bagi siswa dan orang tua guna meningkatkan pemahaman tentang bahaya gizi lebih bagi anak di masa yang akan datang. Selain itu, dilakukan juga tes kebugaran jasmani untuk menilai tingkat kebugaran jasmani dari anak-anak dengan gizi berlebih dan obesitas.

Disamping itu, juga dibentuk duta obesitas sebanyak lima orang di SD Negeri 05 Surau Gadang Nanggalo dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, edukasi, dan keterlibatan siswa dalam upaya pencegahan obesitas dengan meningkatkan kesadaran tentang gizi seimbang dan mendorong aktivitas fisik di sekolah.

Melalui program ini, Dokter Muda IKM-KK Nanggalo dan Puskesmas Nanggalo berharap dapat menekan angka gizi lebih dan obesitas, serta menciptakan generasi muda yang lebih sehat dan produktif. Dukungan dari masyarakat, sekolah, dan pemerintah daerah sangat diharapkan demi keberhasilan program ini. Dengan langkah-langkah yang berkelanjutan, program GEMBIRA diharapkan mampu memberikan dampak jangka panjang yang positif bagi kesehatan anak-anak di kecamatan Nanggalo Padang. (***)

Bagikan

Opini lainnya
Terkini