Tak Berkategori  

Oposisi Malaysia Ajukan Mosi Tak Percaya Terhadap PM Najib

Najib Razak (AP Photo/Mark Baker)
Najib Razak (AP Photo/Mark Baker)
Najib Razak (AP Photo/Mark Baker)

KUALA LUMPUR – Anggota parlemen oposisi Malaysia telah menyerahkan surat mosi tak percaya terhadap Perdana Menteri Najib Razak untuk sidang parlemen, Senin (10/17) ketika ia akan menghadapi ujian terberat dalam karir politiknya terkait sebuah skandal korupsi.

Cengkeraman kuat oleh Najib atas partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) telah membuatnya bertahan dalam kekuasaan, kendati ada kemarahan publik terhadap korupsi dan salah urus finansial yang dituduhkan terhadapnya atasnya di dana investasi strategis 1Malaysia Development Bhd (IMDB).

Tetapi cengkeramannya tampaknya akan mengendur, dan posisinya bisa menjadi berbahaya jika ia kehilangan suara di masa mendatang di parlemen.

Mosi tidak percaya pada Senin tak mungkin berhasil karena oposisi kekurangan kursi mayoritas, tetapi menambah tekanan atas Najib setelah sebuah laporan pada Juli menyebutkan para penyelidik memeriksa dana negara yang bermasalah di 1MDB dan menemukan dana hampir 700 juta dolar yang disimpan di rekening pribadinya. Kantor berita Reuters tidak dapat memverifikasi laporan itu.

Najib telah membantah mengambil uang untuk keuntungan pribadi. Sementara komisi anti korupsi Malaysia menyatakan dana tersebut merupakan sumbangan politik dari Timur Tengah.

Hee Loy Sian, seorang anggota parlemen dari Partai Keadilan Rakyat pimpinan Anwar Ibrahim dan oposisi di parlemen, menyerahkan mosi tersebut dengan menyebut kegagalan Najib menjelaskan dana senilai 700 juta dolar itu.(aci)

sumber:antara