oleh

Pacu Jawi Payakumbuh Bakal Masuk Kalender Iven Sumbar

PAYAKUMBUH –  Pacu jawi di Payakumbuh terus mendapat perhatian dari penggemarnya. Untuk melestarikan permainan anak nagari ini, Pemko setempat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh terus berupaya untuk memasukkan alek pacu jawi itu ke dalam kalender event pariwisata Sumatera Barat.

Kadisparpora Payakumbuh Elfriza Zaharman, kepada Singgalang, Minggu (25/8), mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi pihaknya untuk memasukkan kegiatan pacu jawi Payakumbuh ke dalam kalender event pariwisata provinsi adalah jadwal pelaksanaan kegiatan yang sampai sejauh ini masih tentatif. Waktu pelaksanaannya mengikuti jadwal panen padi di sawah yang digunakan panitia sebagai arena pacuan.

“Setiap pelaksanaan pacu jawi kita dari Disparpora selalu membantu dalam hal pembiayaan, seperti pemberian hadiah. Tapi karena waktu pelaksanaannya belum tetap, kita masih kesulitan untuk memasukkannya ke kalender event pariwisata Provinsi Sumbar,” ujar Cece, panggilan akrab Kadisparpora ini.

Menurutnya, potensi pacu jawi di Payakumbuh cukup besar. Dikatakan, untuk tahun ini, pacu jawi dipastikan akan digelar kembali di beberapa kecamatan yang ada di Payakumbuh. Ia berharap, semoga kedepannya bisa dibuat jadwal tetap pelaksanaan event tahunan itu.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa semakin baik dan tahun-tahun selanjutnya semakin baik serta waktu pelaksanaannya bisa diatur sedemikian rupa,” katanya. (bule)

 

Loading...

Berita Terkait