Tak Berkategori  

Padang Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

PADANG – Kota Padang saat ini sudah berada dalam Zona Kuning Covid-19. Wakil Walikota Padang Hendri Septa menyatakan telah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka mulai Januari 2021 mendatang. Fasilitas dan tenaga kependidikan juga telah memenuhi standar protokol kesehatan.

“Kita sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Protokol kesehatan di sekolah-sekolah sudah kita siapkan. Begitu juga tenaga kependidikan juga sudah dilakukan uji swab untuk mendeteksi infeksi virus Covid-19,” kata Hendri Septa, Senin (28/12) usai rapat paripurna pengesahan Perda AKB di DPRD Padang.

“Kita sedang melakukan swab kepada guru-guru yang akan memberikan pembelajaran tatap muka di sekolah. Pada saat ini, 11 ribu guru telah dilakukan swab, dan 10 persen diantaranya terpapar Covid-19 dan saat ini telah sembuh,” tambahnya.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama DPRD Padang telah melakukan survey kepada masyarakat tentang kwalitas dari pendidikan daring yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil kajian, banyak orang tua meminta sekolah kembali membuka pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Oleh karena itu, sekolah akan dibuka untuk melakukan proses pembelajaran tatap muka. Dinas kesehatan telah mengizinkan sekolah di buka walau berada di zona kuning,” ucapnya.

Dalam penerapan pendidikan tersebut, Wakil Walikota menjelaskan proses pembelajaran tatap muka di sekolah hanya tiga jam di sekolah.

“Implementasinya, proses belajar mengajar tatap muka hanya berlaku selama tiga jam dalam sehari. Tidak ada jam istirahat seperti proses pembelajaran sebelum pandemi. Selain itu, kantin-kantin yang ada di sekolah sengaja tidak boleh dibuka,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hendri Septa menjelaskan juga, jika, andaikata, terjadi penyebaran Covid-19, maka sekolah akan kembali ditutup. (mbeng)