Tak Berkategori  

Pagi Ini Upacara Perayaan HUT ke-76 TNI Digelar di Dekat Istana 

JAKARTA – Upacara Perayaan HUT ke-76 TNI akan digelar di dekat Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari ini, Selasa (5/10/2021), sekitar pukul 07.35 WIB.

Upacara tersebut dimulai dengan persiapan pasukan dan kelengkapan di daerah masing-masing lantaran juga digelar secara daring. Kemudian, terompet pertama dibunyikan 07.40 WIB dan terompet kedua dibunyikan 07.45 WIB.
Kemudian pasukan upacara dijadwalkan masuk ke lokasi upacara pada 07.47 WIB. Setelah itu, komandan upacara dan lambang-lambang kesatuan memasuki tempat upacara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Maruf Amin dijadwalkan memasuki tempat upacara pada 07.57 WIB. Setelah laporan dari pemimpin upacara, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dilakukan sekitar dua menit.

Selanjutnya prajurit TNI akan mengucapkan Sapta Marga pukul 08.06 WIB dengan diikuti persiapan penyerahan tanda kehormatan. Selanjutnya amanat upacara akan dijadwalkan pukul 08.17 WIB selama sepuluh menit.

Pada pukul 08.34 WIB, Jokowi dan Ma’ruf dijadwalkan menyaksikan demonstrasi udara. Sebanyak 18 pesawat tempur akan beraksi di atas Istana Kepresidenan Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan telekonferensi video antara Jokowi dengan para prajurit TNI. Rencananya prajurit yang dihubungi tersebar di lima objek.

Setelah itu, Jokowi dan Ma’ruf akan meninggalkan tempat upacara. Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI dijadwalkan berakhir pada 08.46 WIB.

Pameran Alutsista

Sebanyak 112 alat utama sistem senjata (Alutsista) dipamerkan di dekat Istana Kepresidenan, Jakarta dalam perayaan HUT ke-76 TNI sebagai bentuk perwujudan kekuatan TNI dan juga sebagai laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta masyarakat.

Ratusan alutsista itu akan terpampang di Istana Merdeka tepatnya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan dan Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

“Bahwa anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan Alutsista untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan, hambatan, ancaman dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia,” ujar Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, Senin 4 Oktober 2021.

Adapun deretan alutsista yang ditampilkan antara lain, 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, 2 unit Rantis Bushmaster, dan 19 unit P6 Atav.

Kemudian, ada 24 unit kendaraan Rudal Mistral, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 5 unit MLRS (RM 70 Vampire dan Tatrapan), 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, serta 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Edys menambahkan bahwa pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI Tahun 2021 akan diselenggarakan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Lebih jauh dikatakan Edys, lantaran dibatasi prokes Covid-19, jumlah personel yang bertugas hanya sebanyak 28 personel. Selain dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta, menurut dia, upacara peringatan HUT ke-76 TNI tahun ini juga dilaksanakan di seluruh satuan TNI, baik yang tengah bertugas di dalam negeri dan luar negeri secara daring. (okezone)

Artikel Asli