oleh

Panitia Kurban Diimbau Pakai Pembungkus Daging Ramah Lingkungan

PADANG – Jelang Idul Adha 1440 Hijriah, Gubernur H. Irwan Prayitno mengimbau masyarakat pelaksana pemotongan hewan kurban untuk menggunakan pembungkus daging ramah lingkungan. Pembungkus diharapkan tidak lagi berupa plastik yang sulit terurai.

Imbauan itu disampaikan lewat surat edaran bernomor 660/1011/PSLB3PK/DLH-2019 tertanggal 8 Agustus 2019.
Pada imbauan itu seperti juga disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Hj. Siti Aisyah kepada wartawan Kamis (8/8), gubernur mengimbau masyarakat agar menggunakan pembungkus daging seperti besek kelapa, besek bambu, besek daun pandan, daun jati, daun pisang, dan wadah makanan yang bisa dipakai berulang kali.

Selain itu, pada edaran yang ditujukan kepada bupati/walikota se-Sumbar itu, seluruh kepala daerah diharapkan bisa menyebarluaskan bahan kampanye dan edukasi publik berupa konten digital “Idul Adha tanpa Kantong Plastik”, baik melalui media sosial, media lainnya serta mengajak masyarakat mendukung kampanye tersebut agar lingkungan tetap bersih dan nyaman.

Tak hanya itu kepada bupati/walikota juga diminta dapat menerbitkan surat edaran pada camat, lurah, dan perangkat nagari serta instansi terkait untuk melaksanakan kampanye dan edukasi tentang penggunaan kemasan ramah lingkungan kepada pengurus masjid/mushalla dan masyarakat serta penyelenggaraan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. (yuni)

 

Berita Terkait