Tak Berkategori  

Pariaman Terpilih Jadi Lokasi Etape I Fondo Tour de Singkarak 2021

TdS . (*)

PARIAMAN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman mengumumkan Pantai Kata di Kota Pariaman, Sumatera Barat terpilih menjadi lokasi “start” untuk etape I Fondo pada Tour de Singkarak (TdS) 2021 yang akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2021.

“Penentuan ini dilakukan dalam Rapat Koordinasi TdS 2021 di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (19/8). Kota Pariaman siap menyukseskan kegiatan ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan untuk etape I Gran Fondo TdS 2021 dimulai dari Pantai Kata dan finis di Puncak Lawang, Kabupaten Agam dengan total jarak tempuh 109,3 kilometer.

Setidaknya ada 300 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri, yang mengikuti etape I Fondo TdS, yang merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian tur tersebut.

Menurut dia, peserta ajang balap sepeda itu terdiri dari anggota komunitas pencinta olahraga balap sepeda, namun bukan atlet, meskipun jarak tempuh yang akan mereka lalui sama seperti atlet.

Ia juga mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut, yakni agar para pencinta balap sepeda dapat merasakan jalur yang dilalui dalam TdS dan sekaligus mempromosikan Sumbar sebagai destinasi wisata ke masyarakat luas.

“Para peserta Gran Fondo akan menginap di Kota Pariaman, dan ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat di Kota Pariaman,” ujar Dwi.

Sementara itu, Fondo TDS Etape II akan digelar pada 24 Oktober 2021 dan dimulai dari Kabupaten Agam, lalu finis di Istana Pagaruyung dengan total jarak yang ditempuh mencapai 121,6 kilometer.

Ia pun berharap dengan terpilihnya Kota Pariaman sebagai tuan rumah untuk start etape I Gran Fondo TDS 2021, maka destinasi wisata di daerah itu akan lebih terpromosikan sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan demikian, sambung dia, perekonomian masyarakat di Kota Pariaman segera pulih karena wisatawan yang berkunjung ke daerah itu semakin banyak.

TDS 2021 akan digelar dalam lima etape, mulai 16 sampai 21 Oktober 2021 dengan melibatkan dua kota, dua kabupaten di Sumbar dan satu kabupaten di Jambi. Setelah itu, dilanjutkan dengan Fondo TDS yang dimulai dari 23 hingga 24 Oktober 2021.(ant)