oleh

Partai Gerindra Fokuskan Nasrul Abit di Pilgub Sumbar 2020

PADANG – Kancah perpolitikan di Ranah Minang jelang Pilkada 2020 mendatang dikejutkan dengan adanya perubahan struktur kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerinda Sumatera Barat. Jabatan Nasrul Abit sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat, mendadak diganti.

Meski belum adanya surat resmi penetapan dari DPP Gerindra, namun nama Andre Rosiade digadang-gadangkan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Partai besutan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu di Ranah Minang.

Spekulasi berkembang. Isu dicopot dan dianggap kurang mampu menakhodai Partai Gerindra di Sumbar, santer terdengar. Namun, ternyata faktanya bukan demikian. Nasrul Abit didapuk menjadi ketua dewan penasehat partai berlambang kepala Burung Garuda itu.

Partai Gerindra memutuskan untuk menggantikan Nasrul Abit dari jabatan ketua lantaran ingin Bupati Pesisir Selatan dua periode itu fokus terhadap proses pencalonan dirinya sebagai Calon Gubernur Sumatera Barat pada konsestasi pilkada 2020 mendatang. Sementara, Andre Rosiade yang saat ini merupakan anggota Komisi VI DPR RI diminta untuk mengerahkan energi memuluskan dan memenangkan Nasrul Abit memenangi pertarungan kursi Sumbar Satu.

Andre Rosiade yang dihubungi, Kamis 12 Desember 2019 menyebutkan, kalau intern partai meminta kepada Nasrul Abit untuk fokus menghadapi Pilgub 2020. Saya, kata Andre, diberikan penugasan oleh DPP untuk mengawal dan mendukung Nasrul Abit sebagai Calon Gubernur Sumatera Barat.

“Saya ditugaskan untuk mengawal dan mendukung pak Nasrul Abit. Beliau diminta untuk fokus menghadapi Pilgub nanti. Partai Gerindra, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pak Nasrul Abit yang telah berhasil memenangkan Partai Gerindra sebagai pemenang pertama di Pileg 2019 maupun pak Prabowo di Pilpres 2019 untuk wilayah Sumatera Barat,” kata Andre Rosiade.

Menurut Andre, baik dirinya maupun partai akan berusaha keras memenangkan Nasrul Abit pada konsestasi Pilgub 2020 nanti. Andre menilai, sosok Nasrul Abit sebagai pemimpin sudah tidak diragukan lagi.

Nasrul Abit, kata Andre, merupakan tokoh yang selalu dekat dengan masyarakat. Dia kerap, menjemput aspirasi. Bahkan, berani mengambil resiko untuk memastikan langsung kondisi masyarakat. Berkunjung ke Wamena, salah satunya.

“Maka dengan itu, saya dan seluruh kader partai Gerindra akan mendukung dan berupaya keras memenangi Nasrul Abit menjadi Gubernur Sumatera Barat. Karena, secara ketokohan Nasrul Abit sudah tidak diragukan lagi. Terbukti, ia berhasil mengemban tugas dengan baik sebagai wakil Bupati, Bupati Pesisir Selatan Dua Periode dan sekarang Wakil Gubernur Sumatera Barat,” katanya lebih lanjut.

Diketahui, di tangan Nasrul Abit, partai Gerindra Sumbar meraih hasil yang gemilang. Dalam Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu Gerindra berhasil mendapatkan 14 kursi dari 65 kursi, paling terbanyak di DPRD Sumbar. Tidak hanya itu, Partai besutan Prabowo Subianto itu juga menguasai kursi di 11 DPRD Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Sebanyak 14 kursi yang diraih Gerindra terdiri dari tiga kursi di daerah pemilihan Sumbar I, dua kursi dari dapil Sumbar II, Sumbar IV, Sumbar V, Sumbar VI dan satu kursi dari dapil Sumbar III, Sumbar VII dan Sumbar VIII. Secara data, jumlah tersebut terus meningkat dari periode ke periode.

Pada Pileg 2009, Gerindra meraih 4 kursi, tahun 2014 meningkat dua kali lipat meraih 8 kursi. Sejak menjabat sebagai ketua DPD Gerindra Juli 2017, jumlah kepercayaan masyarakat terus meningkat hingga perolehan suara Gerindra pun melambung pada Pileg dan Pilres 2019.

Untuk DPR RI, Partai Gerindra juga sukses meloloskan tiga wakilnya ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI 2019-2024. Dari Dapil Sumbar I yang menyediakan 8 kursi, Gerindra mendapat 336.944 suara dan mengantarkan Andre Rosiade dengan suara 133.994 dan Suir Syam dengan perolehan 51.556 suara ke Senayan. Di dapil Sumbar II yang menyediakan 6 kursi, Gerindra juga menjadi jawara dengan mengumpulkan 223.891 suara. Dari sana mereka memenangkan wakilnya Ade Rizki Pratama dengan jumlah 104.740 suara menuju Senayan. (rel)

Loading...

Berita Terkait