Tak Berkategori  

Pasaman Masuk 5 Besar Partisipasi Pemilih Terendah di Indonesia

Pilkada 2015 (antara foto)
Pilkada 2015 (antara foto)

JAKARTA – KPU mencatat sedikitnya lima daerah memiliki angka partisipasi pemilih rendah pada pelaksanaan pemilihan bupati dan walikota 9 Desember lalu.

Komisioner Sigit Pamungkas di Jakarta, Kamis (17/12) mengatakan, kecendurungan rendahnya partisipasi pemilih tersebut didapat dari data Formulir C1 yang diunggah oleh KPU kabupaten-kota.

“Kalau kami teliti lebih jauh, di lima daerah itu ada kejadian khusus yang terkait dengan korupsi. Tetapi ini kami belum menyimpulkan apakah variabel itu yang menyebabkan angka partisipasi turun,” kata Sigit.

Rendahnya angka partisipasi pemilih tersebut dilihat dari tingkat penurunan yang mencapai lebih dari 20 persen dibandingkan pada pemilu sebelumnya.

Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur di Sumatera Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kota Semarang di Jawa Tengah.

Partisipasi pemilih di Kabupaten Pasaman tercatat turun 21 persen dari 90,04 persen menjadi 64,89 persen, begitu juga di Kabupaten Bantul yang tercatat menurun dari 96,29 persen ke 75,98 persen.

Di Kabupaten TTU tercatat mengalami penurunan 20 persen dari partisipasi 83,56 persen menjadi 64,28 persen.(aci)

sumber:antara