Tak Berkategori  

Pasca 4 Hari Lebaran, Objek Wisata di Sawahlunto Kembali Dibuka

Kawasan Kandi, Sawahlunto sebelum pandemi. (armadison)

SAWAHLUNTO – Objek wisata kembali dibuka pasca libur Idul Fitri di Sawahlunto. Sejak lebaran awal, sejumlah objek wisata di kota itu ditutup selama empat hari.

“Kita memahami, akibat ditutupnya objek wisata pelaku wisata dan wisatawan jadi terpukul,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Nova Erizon kepada Singgalang, Selasa (18/5).

Dikatakannya, ditutup objek wisata didasarkan atas surat edaran gubernur yang dilanjutkan edaran walikota. Kini, edaran walikota sudah mengizinkan objek wisata dibuka lagi. Sejak 17 Mei 2021, sejumlah objek wisata sudah boleh dibuka.

“Harapan kita, objek wisata yang sudah dibuka lagi bisa terus berlanjut. Biasanya kelanggengan objek wisata dibuka sangat, ditentukan perkembangan zonasi penyebaran virus corona zonasi,” ujar Nova.

Dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata, ditutupnya objek wisata di Sawahlunto selama liburan lebaran, karena kota ini berada di zona oranye. Sesuai surat edaran itu, daerah yang bisa membuka objek wisata, zona kuning dan zona hijau. (cong)