Tak Berkategori  

Pasien Covid-19 Bertambah, Masyarakat Diingatkan Jangan Kendor Patuhi Prokes

Ilustrasi. (net)

SIMPANG AMPEK – Pasien positif Covid-19 di Pasaman Barat kembali bertambah empat orang pada Kamis (11/3/2021).
“Benar, berdasarkan hasil Laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang ada penambahan pasien positif hari ini sebanyak empat orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Pasaman Barat, Gina Alecia.

Ia mengatakan dengan adanya penambahan itu maka total kasus Covid-19 hingga saat ini sebanyak 579 kasus, sembuh 527 orang, meninggal dua 35 orang dan 17 orang masih dikarantina atau dirawat.

Ia menyebutkan empat orang pasien itu adalah pria berninisial A (39) dan wanita DYA (21) warga Jorong Simpang Empat, Kecamatan Pasaman yang merupakan pasien suspek Covid-19. Kemudian wanita inisial AY (23 ) warga Jorong Kuamang, Kecamatan Lembah Melintang dan wanita inisial Z (38) warga Jorong Koto Sawah, Kecamatan Lembah Melintang. Keduanya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan diduga kontak dengan kasus positif sebelumnya.

Menurutnya pasien A dan DYA sudah mendapatkan perawatan di RS Ibnu Sina Simpang Empat. Sedangkan dua pasien konfirmasi positif lainnya saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Pasaman Barat dan direncanakan diisolasi di Diklat BKPSDM Talu. “Saat ini juga telah dilaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau traking untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pasaman Barat,” tambahnya.

Ia mengajak semua elemen saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang. Selain itu masyarakat diajak selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

“Mari jaga diri dan orang di sekitar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan saat ini Pemkab Pasaman Barat juga terus memberikan vaksin kepada Aparatur Sipil Negara dalam rangka menekan penyebaran Covid-19. (yuke)