Pasien Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut Kembali Bertambah, Begini Kata Dinkes Sumbar

PADANG – Jumlah pasien gangguan gagal ginjal akut di Sumatera Barat yang meninggal dunia bertambah.

Satu pasien anak gagal ginjal yang dirawat di RSUP M Djamil Padang berpulang Senin malam (24/10).

“Tadi malam ada yang meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang sehingga total pasien meninggal menjadi 14 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Lila Yanwar kepada Singgalang Selasa (25/10/2022).

Lila menyebutkan dengan meninggalnya satu pasien itu maka saat ini tinggal 6 orang pasien yang mendapatkan perawatan intensif di RSUP M Djamil Padang.

“Sebelumnya ada 7 orang yang dirawat di RSUP M Djamil Padang, namun dengan meninggalnya satu orang maka sekarang tinggal 6 orang,” jelas Lila.

Lila merinci secara total ada 25 kasus gangguan gagal ginjal akut di Sumbar, tapi 4 orang di antaranya berasal dari Jambi yang mendapatkan rujukan ke RSUP M Djamil Padang.

“Ada 14 meninggal, 6 dirawat di RSUP M Djamil dan sisanya sudah membaik dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit,” kata Lila.

Untuk yang sudah membaik, kata Lila kondisi ginjalnya masih dalam perbaikan, sehingga belum sembuh total.

Lila mengimbau agar orangtua yang anaknya memiliki ciri-ciri gejala gagal ginjal akut segera memeriksakan ke rumah sakit terdekat.

“Ciri-ciri utamanya adalah tidak mengeluarkan urine dalam waktu 12 jam. Jika terjadi segera datangi rumah sakit terdekat,” kata Lila.

Sebelumnya jumlah pasien penyakit yang menyerang anak-anak itu ada 13 orang, namun Senin (24/10/2022) malam bertambah satu. (yuke)