oleh

Payakumbuh Alek Silek Segera Digelar

PAYAKUMBUH – Kota Payakumbuh telah menjadi bagian dalam Indonesiana, dalam Silek Art Festival yang digelar Kementerian Kebudayaan RI di lima kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. Acara yang dirangkum dalam dua sesi itu, akan dilaksanakan 26-28 Agustus 2019 mendatang.

Ketua panitia Rothman Uchok Silitonga, Kamis (22/8), menyebutkan, untuk pelaksanaan kegiatan ini, Payakumbuh mengundang enam kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat serta ditambah 10 perguruan silek yang ada di Luak Limopuluah.

“Kategori terbagi tiga, yaitu Putra 20 tahun kebawah, Putra 20 tahun keatas dan Putri segala umur. Untuk peserta terbaik pada masing-masing kategori ada tiga orang dan akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1 juta rupiah,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini sudah ada enam kota dan kabupaten yang telah mendaftar seperti Solok Selatan, Padang Pariaman, Padang, Solok, Sijunjung, Bukittinggi dan Tanah Datar. Kuota terbatas, karena harus membagi dengan 10 perguruan di Luak Limopuluah.

“Tahun ini kuota terbatas, karena sudah tidak ada lagi suntukan dana dari kementrian. Tahun ini anggaran yang kita gunakan murni dari APBD Payakumbuh. Dan untuk lokasi kegiatan juga tidak seperti tahun lalu, di rumah gadang Salo kelurahan Limbukan. Tahun ini, kita akan gelar di Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, tepatnya didepan panggung yang ada di depan kantor Disparpora Kota Payakumbuh ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh, menyebutkan, meskipun termasuk kepada program kementerian, namun penyelenggaraan Festival Silek di Payakumbuh kali ini murni dari APBD Kota Payakumbuh. (bule)

 

Loading...

Berita Terkait